Dark/Light Mode

Peran Politik Santri Dalam Lintasan Sejarah (4)

Peran Pesantren Dalam Kehidupan Sosial-Politik (2)

Jumat, 20 Agustus 2021 06:19 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Pesantren secara keseluruhan mempunyai peranan dalam mendefinisikan situasi pada umat Islam , khususnya untuk kaum santri. Pendefinisian itu menghasilkan suatu pandangan politik tertentu, yang pada gilirannya melahirkan pengelompokan politik tertentu pula.

Baca juga : Peran Pesantren Dalam Kehidupan Sosial-Politik (1)

Fungsi pelayanan sosial-politik tersebut, yang kemudian mengangkat lembaga pesantren menjadi agent of social change. Sebagaimana dikemukakan oleh Suyata, akan mampu melakukan berbagai aktivitas dalam memberi pelayanan kepada masyarakat, seperti mengatasi kemiskinan, memelihara tali persaudaraan, memberantas pengang­guran, kebodohan, menciptakan kehidupan yang sehat. Dengan kata lain, pesantren mampu melakukan berbagai kegiatan sebagai pengembangan fungsi kelembagaan, dalam rangka memenuhi tuntunan masyarakat pendukung dan tantangan perubahan zaman.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.