Dark/Light Mode

Etika Politik Nabi Muhammad SAW

Kedudukan Golput (2)

Kamis, 2 September 2021 06:15 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Fenomena Golongan Putih (Golput) dalam arti menarik diri untuk tidak terlibat di dalam pemilihan dan pendu­kungan kepada calon-calon yang ada, merupakan fenomena yang sering ter­lihat di mana-mana. Kehadiran Golput terutama disebabkan oleh banyak fak­tor, antara lain tidak masuknya anggota pilihan mereka di sebagai calon tetap yang bakal dipilih, hilangnya kepercayaan terhadap penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu), mungkin karena ada unsur nepotisme, money politics, dugaan akan adanya kecuran­gan, dan lain-lain.

Baca juga : Kedudukan Golput

Akibatnya, ada orang atau kelompok tertentu tidak ingin memi­kul tanggung jawab Bersama dengan kkeadaan yang tidak ideal. Tidak tertu­tup kemungkinan karena adanya tujuan khusus untuk menggagalkan pemiluh dan pada akhirnya melemahnya sendi-sendi kekautan negara. Di saat itulah ia akan bermain, apakah melibatkan negara lain aatau kelompok terntentu di dalam masyarakat untuk mengambil alih kekuasaan.

Baca juga : Tantangan Kelas Menengah Santri

Alasan lain munculnya Golput ialah adanya kesadaran bahwa partisipasi publik bukanlah sebuah kewajiban, tetapi itu hanyalah hak rakyat semata. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.