Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Trend Islam Di AS (38)

Mengenal Ormas Islam Di AS: Islamic Relief USA (IRUSA)

Rabu, 22 Mei 2019 05:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Islamic Relief USA (IRUSA) sebuah organisasi nirlaba yang didirikan pertama kali di California AS pada tahun 1993. IRUSIA mempunyai visi untuk memberikan bantuan terhadap proyek-proyek pembangunan fisik untuk kemanusiaan seperti memberikan bantuan pembangunan fisik bagi mereka yang tuna wisma, korban gempa bumi seperti banjir, gempa bumi, tsunami, dan pembangunan sekolah bagi mereka yang betul-betul membutuhkannnya.

Ten- tu saja prioritasnya bagi warga muslim di AS, namun tidak tertutup kemungkinan bantuan diberikan juga kepada negara-negara yang betul-betul memprihatinkan dan membutuhkan bantuan segera.

IRUSIA telah berhasil meringankan beban saudara-saudara muslim yang tertimpa bencana, termasuk korban keganasan perang. Tenda-tenda pengungsian, selimut, peralatan kebersihan, air bersih, obat-obatan, termasuk tenaga medis, dan penyaluran kebutuhan pokok kepada mereka yang betul-betul membuthkannya.

Di Aceh ketika Tsunami melanda wilayah ini juga pernah mendapatkan bantuan dari IRUSIA bersama-sama dengan ormas Islam dan NGO lainnya dari AS. IRUSIA juga pernah membantu korban gempa bumi Yogyakarta 2006.

Baca juga : Mengenal Ormas Islam di AS: The American Islamic Congress (AIC)

Salahsatu bentuk kegiatan IRUSIA ialah dalam tahun 2005 ikut serta memberikan bantuan kepada para korban badai Katrina yang melanda sejumlah negara bagian AS.

Organisasi ini berhasil menghimpun dan menyalurkan dana tidak kurang dari $ 2 juta ditambah dengan pengiriman pekerja lapangan untuk mendistribusikan bantuan dan menilai kebutuhan para korban.

IRUSIA bukan hanya membantu komunitas muslim tetapi juga non-muslim seperti pernah memberi bantuan kepada Gereja Yesus Kristus dari Orang- Orang Suci Zaman Akhir menyumbangkan $ 1,6 juta senilai persediaan darurat.

Para sukarelawan IRUSIA juga pernah membantu korban badai Sandy di New Jersey pada tahun 2012 untuk menampung para pengungsi. Demikian pula membantu korban badai Tornado yang pernah melanda negara bagian Alabama pada tahun 2014.

Baca juga : The Council on American-Islamic Relations (CAIR)

Dalam tahun 2015 IRUSIA menghimpun dan menyalurkan dana tidak kurang $ 50.000 untuk warga Detroit yang airnya dimatikan karena kesulitan membayar tagihan mereka. Termasuk membantu proyek darurat internasional warga Suriah yang terlantar di Suriah dan di negara-negara tetangga.

IRUSIA juga pernah membantu para pengungsi yang tiba di Yunani pada tahun 2015, dan pada tahun 2016 Tim Tanggap Bencana IRUSA merespons keadaan darurat di Amerika Serikat termasuk krisis air Flint, Louisiana banjir, dan Badai Matius di North Carolina.

Pada tahun 2017, IRUSA membantu dalam bencana termasuk badai Harvey dan penembakan Las Vegas dan terus membantu para korban Badai Matthew yang selamat dengan memperbaiki rumah-rumah para korban.

Pada tahun 2018, IRUSA mengumumkan kemitraan dengan Hebrew Immigrant Aid Society (HIAS) yang berbasis di AS untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada para pengungsi di Yunani.

Baca juga : Mengenal Ormas Islam Di AS: ISNA

IRUSIA juga ukut menangani proyek nondarurat di dalam suatu masyarakat, seperti program makan setelah sekolah, program masuk kembali penjara, bantuan makanan pada pemesanan Indian Amerika, dan bantuan untuk korban kekerasan dalam rumah tangga.

Pada tahun 2016, IRUSA mendukung program United Way yang membantu keluarga tuna wisma dengan anak-anak di Roanoke, VA. Pada tahun 2017, IRUSA menyediakan makanan untuk anak sekolah selama musim panas di delapan kota di seluruh negeri dalam kemitraan dengan USDA.

IRUSA menyediakan makanan, pakaian, selimut, dan barang-barang lainnya bersama dengan layanan perawatan kesehatan pada acara tahunan Day of Dignity di seluruh negeri dan mendistribusikan makanan dan perlengkapan mandi kepada para tuna wisma dan orang-orang Amerika berpenghasilan rendah pada Hari Martin Luther King Jr.

Hingga hari ini IRUSIA tetap dipercaya oleh para donaturnya untuk menyalurkan dana bantuan sosial kemanusiaan.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.