Dark/Light Mode

Trend Islam Di AS (32)

Mengenal Ormas Islam di AS: Zaituna Institute

Rabu, 15 Mei 2019 11:07 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu organisasi komunitas muslim yang menarik untuk dipelajari ialah Zaituna Institute (ZI) yang juga biasa dikenal dengan Zaituna College, sebuah organisasi komunitas moderat muslim yang berusaha menawarkan peradaban Islam (islamic civilizations) di dalam masyarakat luas, khususnya di AS. 

Bentuk kegiatannya lebih banyak bergerak dalam dunia kependidikan. Zaituna College mengelola pendidikan yang berperspektif Islam. Ia mengelola perogram undergraduate (S1) dan mungkin yang pertama kali program undergraduate yang memperoleh akreditasi resmi di AS. 

Baca juga : Mengapa Islam Begitu Menarik Di AS?

Salah satu konsentrasinya ialah program Bachelor of Arts in Islamic Law and Theology. Menariknya, ZIberkolaborasi dengan the American Baptist Seminary of the West (ABSW) in Berkeley, CA. 

ZI didirikan pada tahun 1996 oleh muballig terkenal Amerika, Hamzah Yusuf bersama dengan Zaid Shakir dan Hisyam al-Alusi. ZI berusaha mengimplementasikan nilai-nilai universal Islam ke dalam masyarakat global, namun tetap melestarikan tradisi intelektual Pendidikan Islam sebagaimana yang pernah melahirkan ilmuan besar di abad pertengahan.

Baca juga : Islam Sebagai Agama Publik Di AS

ZI mengajarkan ilmu-ilmu tradisional Islam seperti hukum Syari’ah yang paralel dengan nilai-nilai dasar keamerikaan yang hidup di dalam masyarakat. ZI juga mengajarkan Bahasa Arab, seni sastra Arab, teologi, dan studi Al-Qur’an dan Hadis. 

Unsur-unsur sejarah AS dan nilai-nilai dasar keamerikaan dikolaborasikan di dalam kurikulum pendidikan. Ternyata para pembina ZI mampu menciptakan kohesi keislaman dan keamerikaan di dalam sebuah institut, tentu saja hal ini menjadi jawaban terhadap kegelisahan intelektual warga AS tentang Islam dan Komunitas Islam tentang nilai-nilai dasar AS. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.