Dark/Light Mode

Demaskulinisasi Wajah Agama (5)

Jumat, 12 November 2021 06:38 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Allah SWT adalah Tuhan segala sesuatu, Tuhan makrokosmos dan mikrokosmos. Manusia sebagai makhluk mikrokosmos merupakan bagian yang teramat kecil di antara seluruh makhluk ciptaan Tuhan. Ia bagaikan setitik air di tengah samudera. Bumi tempat ia hidup bagaikan sebuah titik di antara jutaan planet dalam galaksi Bimasakti.

Baca juga : Demaskulinisasi Wajah Agama (4)

Meskipun dipercaya oleh Tuhan sebagai khalifah di bumi, manusia tidak sepantasnya mengklaim Allah SWT, lebih menonjol sebagai Tuhan manusia dari pada Tuhan makrokosmos.

Baca juga : Demaskulinisasi Wajah Agama (3)

Karena pemahaman demikian dapat memicu egosentrisme manusia untuk menaklukkan, menguasai, dan mengeksploitasi alam raya sampai di luar ambang daya dukungnya; bukannya bersahabat dan berdamai sebagai sesama makhluk dan hamba Tuhan.

Baca juga : Demaskulinisasi Wajah Agama (2)

Sepantasnya kita menyadari bahwa konsep al-asma’ al-husna adalah konsep alam semesta. Tuhan tidak hanya memperhatikan kepentingan manusia, sebagaimana kesan dan pemahaman sebagian orang terhadap konsep penundukan alam raya (taskhir) kepada manusia. Seolah-olah konsep taskhir adalah “SIM” untuk menaklukkan alam semesta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.