Dark/Light Mode

Demaskulinisasi Wajah Agama (5)

Jumat, 12 November 2021 06:38 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Padahal, konsep taskhir sebenarnya bertujuan untuk merealisasikan eksistensi asal segala sesuatu itu bersumber dari Tuhan Yang Maha Bijaksana (al- Hakim), yang mengacu kepada keseimbangan kosmis dan ekosistem.

Baca juga : Demaskulinisasi Wajah Agama (4)

Manusia yang paling berkualitas di mata Allah SWT ialah yang paling bertaqwa, yaitu “orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang” (Q.S. Ali ‘Imran/3:133).

Baca juga : Demaskulinisasi Wajah Agama (3)

Dari ayat ini dipahami bahwa kualitas sejati di sisi Allah SWT ialah orang-orang yang mengaktifkan komposisi kualitas maskulin dan feminin. Sikap seperti inilah yang akan melahirkan kesejukan, ketenangan, dan kedamaian di masyarakat. Dalam menyukseskan kedua misi manusia di bumi, yaitu sebagai khalifah dan sebagai hamba (‘abid), komposisi kedua sifat ini juga sangat penting. Kualitas maskulin sangat membantu manusia dalam menjalankan misinya sebagai khalifah, dan kualitas feminin sangat membantu manusia dalam menjalankan misinya sebagai ‘abid. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.