Dark/Light Mode

Energi Sinergi (3)

Senin, 15 November 2021 06:32 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Keempat jamaah bisa dianalogikan dengan negara, imam dapat dianalogikan dengan kepala negara, makmum dapat dianalogikan dengan rakyat, dan imamah dapat dianalogikan dengan konstitusi yang mengatur hak dan kewajiban para pihak.

Komunitas inilah yang disebut khaira ummah (komunitas ideal) sebagaimana dilukiskan dalam ayat:

Baca juga : Energi Sinergi (2)

“Kalian adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf (kebaikan), dan mencegah dari yang mungkar (terlarang), dan beriman kepada Allah.” (QS Ali ‘Imran/3 : 110).

Kelima, Allah SWT menegaskan amalan shalat kita mestil mempunyai bekas dalam kehidupan bermasyarakat, sebagaimana dilukiskan di dalam ayat:

Baca juga : Energi Di Dalam Sinergi (1)

“Kamu lihat mereka rukuk dan sujud, mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud.” (Q.S. Al-Fath/48 : 29).

Para ulama Tafsir menjelaskan, tanda-tanda bekas sujud bukanlah warna hitam di dahi, tetapi shalat yang memiliki resonansi sosial. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.