Dark/Light Mode

Demaskulinisasi Wajah Agama (1)

Senin, 8 November 2021 06:40 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Agama mempunyai dua wajah: Maskulin dan Feminin. Dalam kosmologi Timur, semua makhluk Tuhan diciptakan berpasang-pasangan. Satu-satunya yang tidak punya pasangan ialah Sang Pencipta, Tuhan Yang Maha Esa.

Baca juga : Batas Patuh Pada Pemimpin

Namun demikian, kalangan filosof dan sufi berpendapat bahwa karena Tuhan ingin melihat Dirinya, maka Dia menciptakan makhluknya dari Dirinya Sendiri, sehingga antara Pencipta (Khaliq) dan yang diciptakan (makhluq) terjadi pola relasi dan keseimbangan.

Baca juga : Apa Itu Guluw? (2)

Ia ingin melihat Dirinya lewat makhluk-Nya dan makhluk-Nya menginginkan penyatuan kembali dengan Zat Yang Maha Asal (inna lillahi wa inna ilaihi raji’un), “Kita berasal dari-Nya dan kita pun merindukan kembali kepada-Nya”.

Baca juga : Apa Itu Guluw? (1)

Dalam Islam, pola relasi ini diungkapkan di dalam QS Al-Dzariyat/51:49: “Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat akan kebesaran Allah“.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.