Dark/Light Mode

Energi Di Dalam Sinergi (1)

Sabtu, 13 November 2021 06:28 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Rasulullah SAW pernah mengingatkan kita: Al-barakatu fil jama’ah (berkah terdapat di dalam suasana berjamaah), dengan kata lain, energi terletak pada sinergi. Tanpa sinergi, tentu tidak mungkin ada energi. Jika negatif dan positif terputus, maka power listrik akan mati.

Baca juga : Demaskulinisasi Wajah Agama (5)

Kehidupan berjamaah dalam berbagai kehidupan sangat diperlukan. Bukan hanya dalam shalat, tetapi juga makan, kerja bakti, olahraga, dan shalat berjamaah, sangat dianjurkan oleh Rasulullah dengan perbandingan pahala 27 berbanding shalat sendiri-sendiri.

Baca juga : Demaskulinisasi Wajah Agama (4)

Shalat yang dilakukan secara berjamaah yang di dalamnya berisi berbagai ketentuan yang harus diikuti oleh semua pihak dan segala unsur, tanpa membedakan jenis kelamin, umur, etnik, golongan, dan kewarganegaraan. Yang datang lebih awal berhak mendapatkan shaf pertama, sungguhpun rakyat jelata.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.