Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Begini Cara Rifat Sungkar Rawat Ban-Wiper Mobil

Selasa, 21 Desember 2021 20:51 WIB
Pembalap Nasional, Rifat Sungkar. (Foto: ist)
Pembalap Nasional, Rifat Sungkar. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembalap nasional, Rifat Sungkar mengatakan, selain oli dan kelistrikan, pemilik mobil juga harus merawat karet-karet yang ada di mobil. Pasalnya, bagian karet-karet ini jarang diperhatikan pemilik mobil.

“Bicara rubber selalu yang diomongin ban. Berapa persen bannya, padahal rubber bukan hanya ban. Tapi termasuk urusan karet yang ada di mobil. Karet pintu, bushing, mounting body, karet wiper dan pastinya ban,” ujarnya pada acara media virtual interview, Selasa (21/12).

Brand ambassador Mitsubishi ini pun menjelaskan fungsi-fungsi rubber tersebut. Untuk ban, cara mengeceknya adalah dengan melihatnya dari dekat, apakah karetnya masih fresh atau sudah keras. Kalau karetnya sudah keras, berarti gripnya sudah kurang baik. 

Baca juga : Begini Cara DKI Tangkal Penyebaran Varian Omicron

Selain itu, pemilik mobil juga harus mepertahankan kondisi ban dengan memperhatikan tekanan angin. Selain itu, velg juga harus rajin di spooring. “Kalau tidak, tingkat kehausan ban akan berbeda,” bebernya.

Rifat juga mengingatkan pemilik mobil untuk menjaga ban serep. Caranya dengan mengecek tekanan anginnya. Meskipun tidak dipakai tekanan angin ban serep bisa turun. 

“Saya selalu taruh tekanan angin 35-40 untuk ban serep. Karena belum tahu kapan bisa digunakan,” ujarnya.

Baca juga : Anies Seperti Jokowi

Kemudian karet wiper, kata Rifat, harus sering ganti. Minimal setiap pergantian musim. Jika tidak diganti, karet wiper yang sudah tak optimal akan mengganggu. Karet wiper bisa karet biasa atau silikon tergantung keinginan. 

“Untuk silikon perawatannya lebih sulit tapi bertugas lebih baik. Di cuaca panas, bahan silikon tidak maskimal seperti karet,” tambahnya.

Sementara untuk karet pintu, kata dia, sangat berguna untuk kekedapan suara. Cara merawat karet pintu adalah dengan mengecek lem-lemannya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.