Dark/Light Mode

Semangat, Pengidap HIV Sembuh Dengan Transplantasi Stem Cell

Rabu, 16 Februari 2022 13:38 WIB
Ilusrasi pengobatan dengan sel punca. (Foto Wojtek Radwanski/AFP Via New York Times)
Ilusrasi pengobatan dengan sel punca. (Foto Wojtek Radwanski/AFP Via New York Times)

 Sebelumnya 
Temuan tersebut menjadi bagian dari penelitian yang dipimpin Dr Yvonne Bryson dari University of California Los Angeles (UCLA), dan Dr Deborah Persaud dari Johns Hopkins University di Baltimore.

Penelitian ini bertujuan untuk mengamati 25 pasien HIV yang menjalani transplantasi dengan sel punca yang diambil dari darah tali pusat untuk pengobatan kanker dan kondisi serius lainnya.

Baca juga : Peringatan HPN, FPKB : Media Jangan Terjebak Pada Clickbait

Pada tahap percobaan pertama, pasien menjalani kemoterapi untuk membunuh sel-sel kekebalan kanker. Dokter kemudian melakukan transplantasi sel induk dari individu dengan mutasi genetik tertentu di mana mereka kekurangan reseptor yang digunakan oleh virus untuk menginfeksi sel.

Penelitian ini menunjukkan bahwa elemen penting untuk keberhasilan penyembuhan adalah transplantasi sel yang resistan terhadap HIV.

Baca juga : KPK Terus Laporkan Perkembangan Perburuan Harun Masiku Ke Dewas

Sebelumnya, para ilmuwan percaya bahwa efek samping transplantasi sel induk umum yang disebut graft versus host (sistem kekebalan donor menyerang sistem kekebalan penerima) berperan dalam kemungkinan penyembuhan.

“Secara keseluruhan, ketiga kasus penyembuhan setelah transplantasi sel induk ini semuanya membantu mengungkap berbagai komponen transplantasi yang benar-benar kunci penyembuhan,” pungkas Lewin.[DAY]

Baca juga : Kementan Tingkatkan Pengembangan Budidaya Dan Hilirisasi Ubi Jalar

Wanita AS itu menjadi orang ketiga di dunia yang sembuh dari HIV, setelah Adam Castillejo asal Inggris dan Timothy Ray Brown asal AS. Yang luar biasanya lagi, nenek AS ini merupakan pengidap leukimia (kanker darah) pertama dunia yang sembuh dari HIV.[DAY]


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.