Dark/Light Mode

Laura Basuki Sabet Silver Bear Di Festival Berlinale 2022

Kamis, 17 Februari 2022 17:15 WIB
Laura Basuki (Foto Intagram/laurabas)
Laura Basuki (Foto Intagram/laurabas)

 Sebelumnya 
Kamila juga menjelaskan alasannya menghidupkan film bertema daerah-daerah di Indonesia dalam film-film yang dibuatnya.

“Alasan saya membuat film adalah karena saya ingin berbicara tentang kita (Indonesia,Red), siapa dan seperti apa budaya Indonesia. Budaya Indonesia sangat beragam, sehingga keberagaman itu juga seharusnya muncul dalam dunia perfilman Indonesia. Menurutnya, selama perfilman di Tanah Air masih didominasi cerita-cerita tentang Jakarta ataupun Jawa.

Baca juga : Ucapan Kemenangan Laura Basuki Dalam Festival Film Berlinale 2022

"Keberagaman itu harus dimunculkan tidak hanya melalui visual akan tetapi juga melalui audio. Saya ingin kita sering mendengar bahasa-bahasa Ibu kita, karakter-karakter yang berbeda yang kita miliki, dan representasi itu penting menurut saya,” jelas Kamila.

Film Nana menjadi salah satu dari 18 nominasi yang terpilih untuk kategori competition pada Berlinale ke-72. Kategori Competition merupakan kategori utama di Festival Film Internasional paling bergengsi setelah Festival Film Cannes ini.

Baca juga : Tiket Film Bahasa Sunda, Nana Laris Manis Di Berlinale Jerman

Nominasi pada kategori ini memperebutkan hadiah utama Golden Bear untuk film terbaik dan 6 penghargaan Silver Bear. 6 Silver Bear Awards diperuntukkan untuk Grand Jury Prize, sutradara terbaik, pemeran utama terbaik, pemeran pendukung terbaik, skenario terbaik, dan Outstanding Artistic Contribution.

Golden Bear pada Berlinale 2022 diraih Film Alcarras karya sutradara Carla Simón. Para juri untuk kategori competition tahun ini diketuai M Night Shyamalan asal Amerika Serikat.

Baca juga : Altet Bulutangkis Indonesia Tak Sabar Tanding Di Asia Beregu 2022

Enam juri lainnya juga bergabung dengan Shyamalan di penilaian tahun ini. Yaitu Karim Aīnus (Algeria), Saīd bin Saīd (Tunisia), Anne Zohra Berrrrached (Jerman), Tsitsi Dangarembga (Zimbabwe), Ryûsuke Hamaguchi (Jepang) dan Connie Nielsen (Denmark).[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.