Dark/Light Mode

Gandeng ICCC, Kalbe Farma Gelar Konsultasi Kesehatan

Senin, 21 Februari 2022 12:15 WIB
Foto: Dok. PT Kalbe Farma
Foto: Dok. PT Kalbe Farma

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui Kalbe Ethical Customer Care (KECC) bekerjasama dengan Indonesia Cancer Care Community (ICCC), menyelenggarakan serangkaian kegiatan World Cancer Day. Tujuannya, memberikan dukungan kepada pasien dan survivor kanker, termasuk deteksi dini, konsultasi kesehatan, serta self healing mandiri untuk pasien kanker dan pendamping.

Deputy Director One Onco Kalbe Farma, dr. Selvinna mengatakan, Kalbe melakukan rangkaian kegiatan yang melibatkan 29 rumah sakit cancer center, baik swasta maupun pemerintah di 19 kota besar di Indonesia.

Baca juga : Kematian Covid Meningkat, Kapolda Fadil Genjot Vaksinasi Lansia

"Kalbe juga menghadirkan layanan ekosistemOne Onco, yang memberikan solusi komprehensif bagi kebutuhan pejuang kanker di Indonesia, termasuk deteksi dini, konsultasi online, serta nutrisi untuk pejuang kanker,”ujar Selvinna dalam keterangannya, Senin (21/2).

“Salah satu kunci sukses terapi adalah pasien itu memiliki kesiapan nutrisi yang baik. Sebab, pada saat terjadi malnutrisi, terapi menjadi terhambat karena tubuh pasien tidak dapat menerima paparan terapi yang diberikan. Bahkan, terapi harus dihentikan,” ujar Medical General Manager PT Kalbe Farma Tbk, dr. Dedyanto Henky Saputra.

Baca juga : Gandeng KSP, Nestle Indonesia Genjot Vaksinasi Anak

Ia menambahkan, kalau kondisi gizi buruk, tubuh pasien tidak dapat menahan efek samping yang terjadi. Kedua, malnutrisi meningkatkan komplikasi lain, misalnya infeksi, yang berisiko menurunkan kualitas hidup pasien atau lama rawat menjadi lebih panjang dan biaya perawatan lebih mahal.

Salah satu penyebab terjadinya malnutrisi pada pasien kanker ialah berdasarkan jenis kankernya. Pasien kanker nasofaring dan kanker saluran cerna memiliki risiko tinggi mengalami malnutrisi.

Baca juga : Gandeng BPS, Kemenkop UKM Data Koperasi Dan UMKM

Selain itu, semakin tinggi stadium kanker, maka risiko malnutrisinya juga semakin besar. Dampak dari sitokin juga berpengaruh terhadap malnutrisi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.