Dark/Light Mode

Ini Dia, 5 Menu Buka Puasa Yang Bisa Cegah Kanker

Senin, 4 April 2022 14:40 WIB
Jus tomat, banyak mengandung likopen yang mampu menurunkan risiko kanker prostat. (Foto: Net)
Jus tomat, banyak mengandung likopen yang mampu menurunkan risiko kanker prostat. (Foto: Net)

 Sebelumnya 
2. Tumis Brokoli Wortel

Brokoli dan sayuran lainnya seperti kubis, kangkung, dan kembang kol mengandung fitokimia yang disebut glukosinolat, yang menghasilkan enzim pelindung.

Enzim ini dilepaskan saat Anda mengunyah sayuran mentah, sehingga merusak dinding sel.  

Baca juga : IndiHome Hadirkan Promo Diskon Biaya Pasang Baru Hingga 50 Persen

Salah satu yang paling protektif dari enzim ini adalah sulforaphane.  

Para ilmuwan kini sedang meneliti, bagaimana sulforaphane dapat mengurangi risiko kanker dari detoksifikasi zat berbahaya (seperti asap dan polutan lingkungan lainnya) di dalam tubuh. Hingga beroperasi sebagai semacam agen antimikroba dengan menyerang bakteri H. pylori.

Wortel mengandung beta-karoten, antioksidan yang diyakini dapat melindungi membran sel dari kerusakan toksin, dan memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Baca juga : Puasa Dan Kesalehan Politik

3. Sayur Bening Bayam

Bayam dan sayuran berdaun gelap lainnya kaya akan lutein dan zeaxanthin, karotenoid yang dapat menghilangkan molekul tidak stabil atau radikal bebas dari tubuh Anda.

Beberapa penelitian menunjukkan, lutein dan zeaxanthi dapat melindungi tubuh terhadap risiko kanker mulut, kerongkongan, dan perut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.