Dark/Light Mode

Puasa, Kok Berat Badan Malah Naik, Salahnya Di Mana?

Jumat, 8 April 2022 09:23 WIB
Ilustrasi timbang badan (Foto: Net)
Ilustrasi timbang badan (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sepintas, menahan lapar dan haus selama puasa Ramadan - dari sejak matahari terbit sampai matahari terbenam - dapat membantu menurunkan berat badan.

Tak heran, banyak orang tak sekadar mengharap pahala ibadah di bulan Ramadan, tetapi juga menjadikan puasa sebulan penuh ini sebagai momen untuk melangsingkan badan.

Apalagi, puasa memang banyak memiliki manfaat bagi tubuh. Seperti mengurangi berat badan, serta menstabilkan kadar gula darah dan kolesterol.

Tapi, apa jadinya, jika rencana tersebut malah meleset? Alih-alih mau jadi langsing, jarum timbangan malah banyak bergeser ke kanan. Apa sih yang menyebabkan bobot badan bertambah di bulan puasa?

Baca juga : Cari Berkah Bulan Ramadan Ala Blibli

Berikut penjelasan Founder Aplikasi Gizi Nusantara Esti Nurwanti, melalui akun Instagram:

1. Makan berlebih saat buka puasa dan sahur

Selain dapat meningkatkan jumlah kalori yang dikonsumsi, makan berlebih saat buka atau sahur juga dapat memperlambat pencernaan dan menyebabkan masalah pencernaan. Seperti kembung dan diare.

2. Konsumsi makanan manis dan berlemak

Baca juga : Ombudsman & Kementan Pantau Panen Padi Di Indramayu

Kebanyakan orang, cenderung mengonsumsi lebih banyak makanan manis dan berlemak di bulan Ramadan. Kebiasaan ini dapat meningkatkan berat badan.

3. Perubahan siklus tidur

Siklus tidur yang mengganggu, dapat mempengaruhi pelepasan banyak hormon dan bahan kimia, yang mengatur metabolisme karbohidrat dan tingkat metabolisme.

4. Makan berlebih saat buka puasa bersama

Baca juga : Simone Ogah Dicap Mata Duitan

Banyaknya undangan pesta besar saat buka puasa (bukber) dari handai taulan, juga bisa mengakibatkan makan berlebih dan penambahan berat badan. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.