Dark/Light Mode

Mau Mudik Bawa Hewan Peliharaan? Begini Tipsnya...

Rabu, 27 April 2022 16:43 WIB
Ilustrasi traveling bersama kucing (Foto: Net)
Ilustrasi traveling bersama kucing (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bepergian dalam waktu yang cukup lama, seperti mudik Lebaran, kerap menjadi persoalan tersendiri bagi para pemilik hewan peliharaan. Apalagi, kalau sampai tidak ada orang di rumah. 

Ujung-ujungnya, hewan peliharaan pun terpaksa diangkut mudik. Karena sang pemilik khawatir hewan peliharaan mereka bakal kesepian di rumah. Tak ada yang mengurus, memberi makan, atau sekadar mengajak bermain.

Namun, ini pun bukan perkara gampang. Mengingat hewan juga dapat mengalami kelelahan dan stres selama perjalanan berlangsung. Seperti halnya manusia.

Terkait hal tersebut,  Praktisi Klinik Universitas Airlangga (UNAIR) drh. Triganita Intan Solikhah menjelaskan, hewan yang mengalami stres dalam perjalanan akan mengalami beberapa gejala. Seperti diare, mual, muntah, pipis sembarangan, hingga lemas.

Baca juga : Mendagri Terbitkan SE Halal Bihalal Lebaran, Ini Isinya

Menurutnya, ada beberapa tips yang dapat digunakan oleh pemudik, untuk dapat mengurangi stres pada hewan yang mereka bawa.

Pertama, pilih mudik malam hari. Ini penting untuk menghindari kondisi panas, yang membuat hewan gelisah dan tidak nyaman.

“Karena, kucing sensitif pada suhu di siang hari,” ujar Triganita melalui situs resmi UNAIR. 

Kedua, istirahat 2 jam sekali. Semakin lama perjalanan ditempuh, kondisi tubuh akan semakin lelah dan stres. Karena itu, pemudik harus memberikan jeda istirahat. Ini tak hanya baik bagi dirinya sendiri, tetapi juga hewan yang dibawa.

Baca juga : DAMRI Layani Pelanggan Mudik Dari Dan Menuju Lampung, Ini Tarif Tiketnya

“Solusi mengatasi stres, yaitu dengan menempuh perjalanan maksimal 2 jam. Kemudian, diistirahatkan di tempat yang nyaman,” jelas Triganita.

Ketiga, berikan viamin dan vaksin. Imunitas sangat penting dalam menjaga daya tahan tubuh hewan peliharaan.

Vitamin dan vaksin sebaiknya diberikan pada hewan jauh sebelum perjalanan dilakukan. Demi menghindari stres dalam perjalanan.

Keempat, kirim lewat kargo. Berikanlah kenyamanan dan handling yang tepat pada hewan. Karena itu, pengiriman lewat kargo dapat menjadi solusi.

Baca juga : Cari Hoegeng Baru, Polri Diharapkan Lebih Humanis

“Hewan juga dapat dikirimkan menggunakan layanan kargo khusus hewan. Baik itu lewat udara maupun darat,” tutur Triganita.

Jika repot membawa hewan peliharaan mudik, layanan penitipan hewan (pet care) sangat disarankan.

"Bila perjalanan hanya 3-7 hari, sebaiknya hewan peliharaan dititipkan saja pada layanan penitipan hewan. Utamakan yang memiliki dokter hewan jaga. Kecuali, emang terpaksa dan lama,” pungkas Triganita. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.