Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Serasi Sebarkan Persatuan Lewat Musik

Kamis, 19 Mei 2022 20:22 WIB
Foto: Zoom.
Foto: Zoom.

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah tokoh dan selebritas terlibat dalam gerakan sosial dengan tagar #IndonesiaSerasi. Gerakan berskala nasional itu bertujuan untuk menjaga persatuan di tengah ancaman perpecahan akibat perbedaan.

Indonesia Serasi bertujuan menanamkan sifat lembut hati, sikap moderasi, menerima adanya perbedaan agama dan keragaman budaya, serta menanamkan rasa cinta bangsa, terutama di kalangan Gen-Z.

"Gerakan ini bersifat independen, lintas suku, agama, ras, dan golongan, serta tidak berafiliasi dengan lembaga atau organisasi mana pun," kata Haddad Alwi Assegaf selaku pemrakarsa Indonesia Serasi, dalam konferensi pers virtual, Kamis (19/5).

Baca juga : Taliban Bubarkan Komisi HAM, Hemat Keuangan Negara

Dalam konferensi pers tersebut, turut dihadiri beberapa tokoh seperti Alissa Wahid, Ahmad Najib Burhani, Seto Mulyadi alias Kak Seto, Addie MS, dan lainnya. Gerakan Indonesia Serasi memilih musik sebagai alat untuk menyampaikan pesan-pesan persatuan yang dimaksud.

Menurut Haddad Alwi, musik bersifat universal sehingga bisa diterima oleh masyarakat dari berbagai golongan, tingkat ekonomi dan pendidikan apa pun.

Oleh sebab itu, gerakan Indonesia Serasi sudah menyiapkan sejumlah lagu yang akan disebarluaskan selama setahun ke depan, melalui berbagai platform media sosial seperti Youtube, Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lain sebagainya.

Baca juga : Menag Ingatkan Petugas Haji Jangan Kecewakan Tamu Allah

Sebagai pembuka, lagu pertama berjudul Indonesia Serasi yang dibawakan oleh Kamasean, Abraham Kevin, dan Ebith Beat A telah dirilis.

Lagu itu diadaptasi dari dua lagu daerah Kalimantan Selatan, yakni Ampar-ampar Pisang dan Paris Barantai. Lagu-lagu berikutnya akan dirilis secara bergiliran di platform yang sama, dan masih diadaptasi dari lagu-lagu daerah Indonesia yang diaransemen ulang.

Penggunaan lagu-lagu daerah itu bertujuan mempopulerkan kembali karya para seniman dan komponis Indonesia serta sebagai simbol persatuan seluruh budaya Indonesia dalam bingkai NKRI.

Baca juga : Syarief Hasan: Ajarkan Kedewasaan Politik Kepada Milenial!

Selain didukung oleh Kepolisian Republik Indonesia, gerakan #IndonesiaSerasi juga didukung sejumlah tokoh nasional dari berbagai kalangan, antara lain Alissa Wahid, Addie MS, Kak Seto, dan Ahmad Najib Burhani.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.