Dark/Light Mode

UI Gandeng Converty University Jajaki Perluasan Kerja Sama

Selasa, 24 Mei 2022 09:21 WIB
Rektor UI Ari Kuncoro dan Pro-Vice-Chancellor International–Coventry University, Prof Richard Wells di UI, Depok, Jawa Barat.(Foto Humas UI)
Rektor UI Ari Kuncoro dan Pro-Vice-Chancellor International–Coventry University, Prof Richard Wells di UI, Depok, Jawa Barat.(Foto Humas UI)

 Sebelumnya 
UI berharap riset-riset yang saat ini dikembangkan tidak sekadar memberi manfaat akademis, tetapi juga bermanfaat secara global. Oleh karena itu, studi banding yang dilakukan peneliti UI bertujuan memperluas wawasan para peneliti agar hasil riset berdampak baik bagi masyarakat dunia.

Untuk mendukung program internasional, yaitu G20, UI juga berkolaborasi dengan pemerintah Indonesia pada tiga isu strategik global, yaitu kesehatan global, transisi energi, dan transformasi ekonomi digital demi dihasilkannya policy brief yang tepat.

Prof Richard Wells, pada kesempatan itu menyampaikan, program-program yang dijalankan UI sejalan dengan tujuan Coventry University. Menurut Prof. Richard, Coventry University adalah universitas yang relatif muda, tetapi merupakan yang paling fokus secara global di Inggris.

Baca juga : GDPS Gandeng Markplus Kerek Kualitas Tenaga Kerja

Hal ini dibuktikan dari jumlah mahasiswa internasional yang menempati posisi tertinggi ketiga di Inggris. Coventry University memiliki cabang di beberapa negara. Yaitu Brussels (Europe), Middle East (Dubai), Singapore, dan Africa (Kigali). Mereka juga akan membuka hub serupa di Beijing dan India.

“Tujuan dari hub ini adalah memberi kita output dalam pengembangan hubungan antar-universitas. Selain hadir sebagai jalinan budaya antar-bangsa, kerja sama ini juga memungkinkan adanya manfaat dalam hubungan antar-institusi negara,” kata Prof Richard Kerja sama yang dibuka antara UI dan Coventry University diharapkan dapat memperluas pendidikan dan riset dunia.

Saat ini, UI dan Coventry University sudah melakukan kerja sama di bidang akademik dan riset melalui program Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA). Pengalaman yang didapat memberikan dampak positif serta bermanfaat bagi mahasiswa UI untuk lebih berani dalam mengembangkan diri, menunjukkan kemampuan, serta bakatnya.

Baca juga : Andika Ajak Kerja Sama Bela Negara

“Antusiasme mahasiswa UI dalam berpartisipasi pada program IISMA sangat tinggi pada tahun ini, dilihat jumlah pendaftar yang melonjak lima kali lipat dibandingkan pada tahun sebelumnya," ujar Baiduri.

Tahun ini, sebanyak 195 mahasiwa UI lolos seleksi untuk menerima beasiswa IISMA yang merupakan jumlah terbanyak dibandingkan dengan perguruan tinggi lain di Indonesia.

UI berharap mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan prestisius ini untuk semakin berperan aktif dalam menghadapi, mengatasi tantangan global, serta berkontributif secara proaktif untuk dunia. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.