Dewan Pers

Dark/Light Mode

50 Peserta Tampil Di Final Kontes Kita Cinta Lagu Anak

Senin, 27 Juni 2022 10:46 WIB
Penampilan finalis kontes Kita Cinta Lagu Anak (KILA). (Foto: ist)
Penampilan finalis kontes Kita Cinta Lagu Anak (KILA). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 50 peserta dari sejumlah daerah di Indonesia mengikuti babak final kontes Kita Cinta Lagu Anak (KILA) di D'Mall Depok, baru-baru ini. Mereka memperebutkan enam juara di masing-masing kategori.

"Tiga juara satu, dua, dan tiga, serta tiga harapan satu, dua, dan tiga," ucap Koordinator Pokja Apresiasi dan Literasi Musik Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Edi Irawan saat ditemui di babak final kontes KILA.

"Dari 400-an itu terpilih 25 besar yang sekarang mengikuti babak final di D'Mall Depok," kata Edi.

Adapun 50 besar itu dibagi menjadi dua kategori. Yakni, 25 orang di kategori usia 5-7 tahun dan 25 orang di kategori usia 8-13 tahun.

Berita Terkait : Yupi's Got Talent Jadi Ajang Menggali Bakat Anak

Para peserta tidak hanya mengikuti babak final secara fisik di D'Mall Depok. Sebagiannya mengikuti melalui daring, terutama yang berada di luar kota.

Dari babak final ini, Edi mengatakan para dewan juri yang berjumlah tiga orang akan memutuskan para pemenangnya. Dan, pengumuman pemenang bisa dilihat di situs resmi KILA sekitar 30 Juni mendatang.

Adapun para dewan jurinya yaitu dari praktisi lagu anak populer yakni Adi Bing Slamet, Kak Mona dari Erwin Gutawa School, dan Kak Irini dari Kemendikbudristek. 

Acara babak final berlangsung seru. Para peserta setelah tampil mendapatkan komentar juri.

Berita Terkait : Patah Tulang, Begini Kondisi Ciro Alves

Misalnya, Chriselda, peserta dari Madiun. Usai tampil, dia ditanya oleh juri Adi Bing Slamet.

"Belajar menyanyi dari siapa?"

"Dari ayah bunda," jawab Chriselda.

"Oke, kamu anak yang tertib mengikuti koregrafi sampai selesai. Penampilannya menghibur, tapi terus berlatih ya," kata Adi Bing Slamet.

Berita Terkait : Gerobak Aja Dikorupsi, Koruptor Kudu Dimiskinkan Biar Kapok

Sebelumnya, Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid, dalam sambutan onlinennya mengatakan, kontes KILA diharapkan bisa membangkitkan ekosistem musik anak Indonesia. Karena, dalam dua dekade terakhir, anak-anak seolah jauh dari musik yang seusianya.

"Ini janji dan upaya pemerintah menjangkau anak-anak dengan musik anak-anak," kata Hilmar.