Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Google Proyeksikan Potensi Ekonomi Digital Indonesia 2025 Capai 2 T

Selasa, 24 Mei 2022 13:45 WIB
Menkominfo Johhny G. Plate (kiri) dan President Google Asia Pasifik, Scoot Beamount (kanan) di sela-sela acara World Economy Forum di Davos, Swiss, Senin (23/5).
Menkominfo Johhny G. Plate (kiri) dan President Google Asia Pasifik, Scoot Beamount (kanan) di sela-sela acara World Economy Forum di Davos, Swiss, Senin (23/5).

RM.id  Rakyat Merdeka - Perusahaan digital terbesar di dunia, Google memproyeksikan potensi ekonomi digital Indonesia pada tahun 2025 akan tumbuh mencapai 140 miliar dolar AS atau sekitar Rp 2 triliun.

Hal ini disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johhny G Plate dalam pertemuan bilateral dengan President Google Asia Pasifik, Scoot Beamount pada sela-sela acara World Economy Forum di Davos, Swiss, Senin (23/5).

Proyeksi tersebut bisa tercapai jika Indonesia mampu memanfaatkan ruang digital dan menghindari penyalahgunaan penggunaan teknologi informasi. Menkominfo menyatakan, pengembangan ekonomi digital menjadi salah satu strategi utama transformasi ekonomi Indonesia dan ditujukan untuk mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Baca juga : Finnet & BPD Banten Sepakat Dorong Akselerasi Ekonomi Digital Di Banten

Pengembangan ekonomi digital ini juga didorong oleh adanya pergeseran perilaku masyarakat yang cenderung menggunakan platform digital di berbagai sektor.

"Google mempunyai atensi yang cukup tinggi karena perkembangan digital ekonomi Indonesia selama Covid-19 bertumbuh positif, tahun 2021 ekonomi digital menjadi double digit dan tahun 2022 kuartal pertama tumbuh sebesar tujuh persen," katanya.

Menurut Johnny, pertemuan bilateral ini dilakukan untuk menindaklanjuti kerjasama pemerintah Indonesia dengan Google tentang ekositem digital agar semakin bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga : 10 Impian untuk Kebangkitan Indonesia

Kerja sama yang sudah dilakukan antara lain program pengembangan sumber daya mansuia, pemanfatan sistem digital dan penanggulangan berita hoaks.

"Dengan memperluas jaringan infratruktur dan penguatan sumber daya manusia, maka peluang ekonomi digital semakin bermanfaat," ujarnya.

Tren positif perkembangan ekonomi digital juga sejalan dengan perkembangan investasi. Hasil studi Google, Temasek, Bain & Company (2021) menunjukan bahwa nilai investasi ekonomi digital Indonesia sepanjang Q1-2021 sebesar 4,7 miliar dolar AS dan telah melampaui nilai tertinggi selama empat tahun terakhir. Capaian tersebut menjadikan Indonesia sebagai tujuan investasi terpopuler di Asia Tenggara, melampaui Singapura. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.