Dewan Pers

Dark/Light Mode

Harta Pimpinan KPK

Firli Paling Kaya Lili Paling Miskin

Selasa, 24 Mei 2022 06:40 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri dan Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar. (Foto : Istimewa).
Ketua KPK Firli Bahuri dan Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain pejabat negara, pimpinan KPK juga wajib melaporkan harta kekayaannya. Lantas berapa jumlah kekayaan dari 5 pimpinan KPK ini? Sesuai LHKPN yang dilaporkan, Ketua KPK Firli Bahuri yang paling kaya. Sedangkan yang paling miskin dibanding 4 pimpinan yang lain ditempati Lili Pintauli Siregar.

Daftar kekayaan pimpinan lembaga anti rasuah itu, bisa dilihat di situs E-LHKPN KPK. Dalam laporan yang terakhir diupdate pada 22 Februari 2022 lalu itu, Firli punya kekayaan Rp 20,7 miliar. Hartanya paling banyak dalam bentuk tanah dan bangunan senilai Rp10,4 miliar.

Jenderal polisi bintang tiga ini punya 8 unit tanah dan bangunan. Rinciannya, 5 di Bekasi, dan 3 di Bandar Lampung. Ia juga punya 2 unit motor dan 2 unit mobil senilai Rp 903 juta. Selain itu, Firli juga punya kas dan setara kas senilai Rp9,3 miliar. Kerennya, Firli tak punya utang.

Berita Terkait : Anies Paling Sering Diserang

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, harta pucuk pimpinan lembaga anti rasuah ini naik Rp 1,1 miliar. Sebab, dalam laporan 2021 untuk periodik 2020, Firli ketika itu punya harta Rp 19,5 miliar.

Orang kaya kedua di jajaran pimpinan KPK adalah Nurul Ghufron. Ia punya harta Rp 15,4 miliar. Sebagian besar hartanya berupa tanah dan bangunan senilai Rp 13,9 miliar. Gufron punya 14 tanah dan bangunan yang tersebar di Jember, Jakarta Selatan, Bogor, serta Jakarta Timur. Selebihnya alat transportasi senilai Rp 297 juta, berupa 1 unit mobil dan 1 unit motor.

Eks Dosen di Fakultas Hukum Universitas Jember tersebut juga diketahui mengantongi harta bergerak lainnya senilai Rp 162 juta. Kemudian, surat berharga Rp 500 juta. Kas dan setara kas Rp1,4 miliar serta harta lainnya Rp 174 juta.

Berita Terkait : Hari Pertama Kerja, KPK Gelar Apel Pagi Secara Hybrid

Hebatnya, kekayaan Ghufron naik lebih tinggi dari Firli dalam setahun terakhir. Yakni mencapai Rp 1,9 miliar. Sebab di tahun sebelumnya ia melaporkan harta sebanyak Rp 13,4 miliar.

Rangking ketiga dipegang oleh Alexander Marwata. Dalam laporan teranyar, 7 Februari lalu, sang wakil ketua KPK ini mengantongi kekayaan senilai Rp 9,2 miliar. Wujudnya, tanah dan bangunan senilai Rp 3,5 miliar.

Kekayaan lainnya, berupa alat transportasi senilai Rp 432 juta. Terdiri dari sepeda onthel; dua motor; dua mobil; serta dua sepeda mewah.

Berita Terkait : Berkat Pendidikan, Firli Bahuri Bisa Keluar Dari Kemiskinan

Pimpinan KPK yang sudah 2 periode menjabat ini juga punya harta bergerak lainnya senilai 172 juta, surat berharga Rp 2 miliar serta kas dan setara kas senilai Rp 3 miliar.
 Selanjutnya