Dark/Light Mode

Branding Budaya Betawi

Setu Babakan Sekarang Bisa Buat Resepsi Nikah Lho

Kamis, 14 Juli 2022 17:08 WIB
Setu Babakan. (Foto: Ist)
Setu Babakan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra Purwanto akan menggelar resepsi pernikahan anaknya di kawasan Setu Babakan, Jakarta Selatan.

Ketua Yayasan Keluarga Seniman Betawi (YKSB) Nurhasan memastikan, acara resepsi pernikahan itu bersifat branding, untuk memperkenalkan budaya betawi pada khalayak luas.

Apalagi menurut Nurhasan, seorang anggota dewan tentunya punya koneksi luas dan dikenal banyak orang. Sehingga, bisa mendongkrak pengenalan budaya Betawi.

Baca juga : NasDem Dan PDIP Bisa Berkongsi

"Apalagi tamu yang diundang cukup banyak. Bagi kami jelas ini menguntungkan karena budaya kami dilestarikan melalui acara pernikahan," ujar Nurhasan, Kamis (14/7).

Pada kesempatan ini, dia juga menjelaskan soal pemberitaan media sosial yang menyebut pada saat resepsi dilakukan akan diberlakukan penutupan jalan.

Hal itu menurutnya tidak benar, karena yang dilakukan nantinya adalah rekayasa lalu lintas untuk menghindarkan masyarakat yang melintas dari kepadatan.

Baca juga : MRT Gandeng Rukita Hadirkan Hunian Berkualitas Di Tengah Kota

Acara resepsi pernikahan sendiri rencananya akan digelar pada Sabtu (16/7). Berdasarkan informasi, tamu undangan yang hadir diperkirakan mencapai ribuan orang.

Oleh karena itu masyarakat diimbau untuk mengantisipasi kepadatan supaya justru tidak mengganggu masyarakat. "Jadi sekali lagi jika ada pernyataan yang mengatakan adanya penutupan jalan sangat tidak benar," bebernya.

Selain itu, Nurhasan menegaskan, YKSB mendukung penuh kegiatan resepsi pernikahan tersebut di Setu Babakan yang merupakan cagar budaya Betawi.

Baca juga : Sandiaga Uno Beri Alat Ukir Untuk Pengrajin Saluang dan Bansi Di Pariangan

Apalagi, dalam kegiatan tersebut, menggunakan adat Nuansa Betawi secara penuh. Mulai dari arak-arakan pengantin, palang Pintu, ijab kabul, sampai pada hiburan yang ditampilkan.

"Semua menggunakan adat betawi. Bahkan kuliner yang dihidangkan juga semua bernuansa Betawi," tuturnya.

Nurhasan Berharap, ke depan kegiatan tersebut bisa menjadi edukasi penting bagi masyarakat Jakarta, apabila ingin menggelar pesta pernikahan dengan nuansa Betawi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.