Dark/Light Mode

6 Tips Memilih Nama Domain Indonesia Untuk Blog

Selasa, 19 Juli 2022 12:29 WIB
Foto: Dok. PANDI
Foto: Dok. PANDI

 Sebelumnya 
2. Hindari Pilihan Nama yang Tidak Jelas atau Terlalu Umum

Setiap orang pasti menginginkan nama domain yang jelas dan mudah diingat. Namun jangan sampai nama domain Indonesia tersebut terlalu umum sehingga luput dari ingatan. Pilihlah sesuatu yang menarik, mudah diingat dan brandable.

3. Pastikan Nama Domain Kamu Unik

Selain mudah diingat, domain untuk blog juga harus unik. Pastikan nama yang kamu pilih bisa mewakili brand dan konten yang ada dalam blog, serta menonjol dari pesaing lainnya.

Misalnya, nama registry domain Indonesia, PANDI. Nama tersebut tentu saja unik dan muncul di ingatan dengan cepat. Sangat mudah untuk mengetik, mengeja, dan mengucapkan. Contoh lainnya adalah DomaiNesia.

Nama tersebut juga mudah untuk diingat, dan brandable. Sangat jelas bahwa nama tersebut adalah website seputar domain.

Baca juga : PP GMKI: Pemilu 2024 Sebagai Konsolidasi Demokrasi Menuju Indonesia Emas 2045

4. Sertakan Keyword di Nama Domain

Jika kamu menginginkan SEO yang baik sejak awal, kamu bisa memasukkan kata kunci atau keyword ke dalam nama domain untuk blog.

Tentu saja, kamu harus tetap memastikan kamu tidak mengorbankan panjang, orisinalitas, atau integritas nama blog.

Tetapi jika ada kata kunci atau keyword yang cocok dengan satu atau dua kata pendek dan unik lainnya, pertimbangkan untuk menambahkannya ke nama domain untuk blog.

5. Buatlah Nama yang Mudah untuk Ditulis dan Diucapkan

Nama yang kamu pilih bisa saja unik, namun jika tidak ada yang tahu cara melafalkannya atau mengetiknya sebagai URL, akibatnya jumlah traffic blog mungkin terganggu.

Baca juga : Fase Puncak Haji, 14 Jemaah Asal Indonesia Wafat

Jika nama domain membingungkan, kemungkinan besar audiens akan salah ketik dan tersesat saat mencoba menemukan blog kamu.

Permudah para audiens, jangan sampai menghambat traffic blog, dengan memilih nama domain yang sederhana dan jelas.

6. Registrasikan Nama Domain Secepatnya

Ada jutaan nama domain yang online hari ini, dan nama tambahan yang didaftarkan setiap menit. Oleh karena itu, jangan ragu untuk meregistrasikan nama domain setelah memutuskannya.

Nama domain adalah komoditas yang banyak diminati dan terjangkau. Selama nama yang kamu pilih belum digunakan oleh orang lain, registrasikan sebelum nama itu hilang. Kamu bisa mengubahnya nanti jika memang nama tersebut kurang baik dengan meregistrasikan ulang nama yang baru.

Pilih Nama yang Sempurna dan Registrasikan di Tempat Terpercaya Domain .ID merupakan ekstensi domain lokal Indonesia yang dikelola oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia).

Baca juga : Sudah 4 Tahun Legal Di Indonesia, Vape Terus Tingkatkan Inovasi

PANDI sendiri merupakan sebuah registry yang bekerja dibawah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Visi PANDI adalah menjadikan domain .

ID sebagai domain pilihan utama di tingkat nasional dan sebagai domain pilihan di tingkat internasional. Oleh karena itu, dengan menggunakan domain lokal Indonesia, kamu sudah membantu PANDI dan Indonesia untuk menjadikan domain .

ID pilihan utama di tingkat nasional maupun internasional. Domain .ID bisa menjadi identitas untuk blog kamu di mata dunia. Tentu saja PANDI tidak sendiri dalam melakukan distribusi domain .

ID. Ada banyak registrar resmi sebagai tempat membeli domain .ID, salah satunya adalah DomaiNesia. DomaiNesia melalui RNA (Registrasi Neva Angkasa) telah menjadi registrar resmi PANDI dalam mendistribusikan domain Indonesia.

Kamu tidak perlu ragu untuk mendaftarkan nama domain Indonesia di DomaiNesia, karena ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. So, buat kamu yang sudah siap mendaftarkan nama domain, langsung kunjungi DomaiNesia di www.domainesia.com ya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.