Dark/Light Mode

Senayan Dan Akademisi Kompak Sambut Serial Gadis Kretek Oleh Netflix

Jumat, 29 Juli 2022 15:22 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Sementara, Sosiolog Universitas Sebelas Maret (UNS) Drajat Tri Kartono menambahkan, serial Gadis Kretek juga merepresentasikan bagaimana kemandirian ekonomi nasional telah terbentuk bahkan sejak era kolonialisme.

Menurutnya, serial Gadis Kretek ini bukan hanya bicara soal pabrik rokok. Lebih jauh dari itu, bagaimana entrepreneurship bangsa saat itu sudah berkembang dengan adanya pabrik-pabrik kretek yang besar dan dibangun oleh masyarakat.

Baca juga : BPIP Ajak ASN Sosialisasi Lewat Musik, Olahraga atau Kuliner

"Hal ini bahkan jauh sebelum dicetuskannya Politik Banteng oleh Presiden Soekarno saat menasionalisaikan perusahaan-perusahaan asing,” tuturnya.

Drajat juga menekankan aspek feminisme yang sangat kuat dalam Gadis Kretek, mengingat latar cerita berpusat pada beberapa penokohan perempuan yang memiliki wawasan sekaligus keahlian tinggi terhadap kretek.

Baca juga : Aplikasi Ilmu Saham Bakal Jadi The Next Unicorn

Hal ini menjadi representasi yang sempurna bahwa salah satu tulang punggung ekosistem pertembakauan Indonesia juga berasal dari perempuan pelinting sigaret kretek tangan (SKT), bahkan hingga saat ini.

“Produksi serial Netflix ini juga akan melegitimasi kretek sebagai warisan nusantara, dan menjelaskan bagaimana pertembakauan ini sudah ada di Indonesia dan melembaga dengan sangat kuat dan kokoh bahkan sejak era kolonialisme,” sambungnya.

Baca juga : Koalisi Semut Merah Mau Bikin Kejutan Nih

Sementara itu, sampai kini Netflix juga baru mengumumkan serial Gadis Kretek telah masuk tahap produksi, namun belum mengumumkan jadwal penayangannya.

Serial ini akan diperankan oleh sejumlah aktris dan aktor kenamaan, seperti Dian Sastrowardoyo, Putri Marino, Ario Bayu, dan Arya Saloka. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.