Dark/Light Mode

Kalau Dikonsumsi Dengan Tepat

Kopi Bisa Jadi Teman Jantung

Rabu, 5 Oktober 2022 12:29 WIB
Kopi. (Foto: Ist)
Kopi. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
NutriGENME, berlandaskan research Human Genome Projects, untuk memetakan genetik manusia.

"Kita memeriksa dari media air liur untuk mendapatkan materi DNA yang kemudian diekstrak. Kemudian, kita lakukan pemetaan genetiknya. Dari pemeriksaan ini pula kita akan tahu hal apa yang harus dilakukan oleh orang ini untuk setidaknya mencegah risiko yang sudah ada atau bahkan menghindari risiko,” tutur Product Manager GENME Kalbe, apt. Canindera Costa, S.Farm.

Baca juga : Bahlil Ngaku IPK-nya 2,7, Tapi Bisa Jadi Menteri

Kalbe Farma berkolaborasi dengan Nutrigenomics, laboratorium terpercaya di Canada. Hal ini mempengaruhi kualitasnya, karena yang terpenting dari pemeriksaan genetik adalah siapa penelitinya dalam membuat algoritma gen pasien.

Selain itu, memeriksa 77 gen dalam panel kesehatan yang diyakini berdasarkan research terbaru dan paling valid. Juga berkolaborasi dengan dokter-dokter spesialis gizi klinis di Indonesia yang sudah tersertifikasi untuk membantu membacakan hasil dari NutriGENME.

Baca juga : DKI Setting Lapak Baru Jadi Rame Pengunjung

"NutriGENME menyisakan satu panel yang memang spesifik hubungan antara kopi dengan penyakit jantung, terutama dengan serangan jantung. Jadi kopi yang kita periksakan gennya adalah CYP1A2 itu yang memang berhubungan langsung dengan bagaimana kemampuan tubuh kita mengelola kafein dalam kopi, teh, coklat, bahkan energy drink juga sering mengandung kafein," tutup Costa. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.