Dark/Light Mode

Awas! Aplikasi Kencan Online Bisa Rusak Kesehatan Mental

Selasa, 25 Oktober 2022 13:05 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

 Sebelumnya 
Pembina Relawan TIK Sumatera Barat Yonisman mengingatkan sejumlah risiko menggunakan aplikasi kencan daring. Kebanyakan dari pengguna aplikasi tersebut tidak menyertakan identitas aslinya atau kerap menggunakan identitas palsu.

Selain itu, hubungan lewat aplikasi kencan daring tidak berlangsung lama atau terbilang singkat. Tak jarang juga aplikasi kencan ini hanya dijadikan jalan bagi pelaku kejahatan seksual untuk mencari korbannya, atau juga dipakai untuk menipu dengan tujuan menguras uang korban.

Baca juga : Buka Tiktok Jangan Cuma Joget, Bisa Jualan Juga

“Oleh karena itu, saran agar aman mencari relasi lewat aplikasi kencan daring adalah mencari tahu profil teman kencan di semua media sosial yang ada, jauhi profil yang mencurigakan, laporkan akun yang meresahkan, gunakan fitur Google Image untuk mengecek apakah foto yang digunakan merupakan foto asli atau bukan,” tuturnya.

Yonisman juga menambahkan, jangan banyak mengumbar informasi pribadi dalam aplikasi tersebut. Kemudian, apabila teman kencan meminta mengirimkan sejumlah uang, sebaiknya ditolak.

Baca juga : Wamenkes: Komplikasi Diabetes Bisa Diramal Dengan Kedokteran Presisi

Mengenai rencana pertemuan, sebaiknya tidak dilakukan di rumah atau di kantor tempat kerja. Adapun webinar digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.

Dengan hadirnya program ini diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.