Dark/Light Mode

Fakta Penting Perayaan Bulan Bahasa Dan Sastra

Kamis, 27 Oktober 2022 13:07 WIB
Bulan Bahasa dan Sastra 2022 ‘Bangkit Bersama’. (Tangkapan layar Instagram/@badanbahasakemendikbud).
Bulan Bahasa dan Sastra 2022 ‘Bangkit Bersama’. (Tangkapan layar Instagram/@badanbahasakemendikbud).

 Sebelumnya 
Perayaan Bulan Bahasa dan Sastra dilakukan sejak 1980. Tetapi, mengapa Bulan Bahasa dan Sastra dirayakan setiap bulan Oktober?

Ternyata, sejarah Bulan Bahasa dan Sastra, ada kaitannya dengan Sejarah Sumpah Pemuda. Dilansir dari laman resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), sejarah mencatat pada tanggal 28 Oktober 1928 dikumandangkan Sumpah Pemuda dalam keputusan Kongres Pemuda II, di Jakarta.

Baca juga : Keberadaan Perpustakaan Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

Dalam momen Sumpah Pemuda, ada kesepakatan antar pemuda dari seluruh suku dan ras di Indonesia bahwa bahasa resmi yang digunakan masyarakat yakni Bahasa Indonesia.

Isi Sumpah Pemuda: "Kami Poetra dan Poetri Indonesia Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia"

Baca juga : Peringati Bulan Bahasa, Pilih Kata Gemes

Namun sebelum bahasa Indonesia diakui sebagai bahasa persatuan melalui Sumpah Pemuda, bangsa Indonesia berkomunikasi menggunakan bahasa daerah masing-masing.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.