Dark/Light Mode

Hadiri Malam Budaya Betawi, 500-an Pengunjung Tumpah Ruah Di Kopi BS

Senin, 7 November 2022 16:23 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Dia juga menambahkan tentang pernyataan Presiden pertama RI Soekarno tentang konsep Trisakti.

"Luar biasa apa yang telah dicetuskan oleh founding father kita, pendiri negara kita, pendiri bangsa kita, Presiden pertama RI, Bung Karno, yang telah merancang adanya Trisakti yaitu berdaulat di bidang politik, mandiri dalam ekonomi, dan berkepribadian di dalam berbudaya," ujarnya.

Baca juga : Komisi IV Bareng Kementan Pantau Penggantian Ternak Terdampak PMK Di Jabar

Acara Malam Budaya Berbasis Komuitas Jakarta yang dihadiri oleh sekitar 500 pengunjung tersebut menyajikan rangkaian acara Budaya Betawi Palang Pintu, Tarian Tradisional Harmoni Budaya Jakarta, Ondel-ondel, Gambang Kromong dan Bodoran.

Alunan Musik Keroncong yang santai dan mendayu-dayu yang dibawakan oleh Group Musik Krontjong Toegoe semakin membuat semarak Malam Mingguan di Kopi BS dengan rangkaian acara yang disajikan oleh panitia.

Baca juga : Ribuan Pegiat Seni Dan Budaya Karawang Dukung Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

Senada dengan Jhonny Simanjuntak, Anggota DPR RI Eriko Sotarduga yang hadir menikmati Kerontjong Toegoe bersama kedua anaknya mengingatkan, dengan melestarikan kesenian Betawi, maka tugas ideologis masyarakat sebagai bagian dari unsur negara juga akan teraktualisasikan.

Mengutip ungkapan Bung Karno, ia menegaskan bahwa melestarikan kesenian tradisional ini dapat menunjukkan kepribadian bangsa Indonesia.

Baca juga : Asabri Salurkan Bantuan Pembangunan Ruang Layanan Polsek Bodeh

“Berkepribadian Dalam Berkebudayaan, begitulah ide Bung Karno dalam Trisakti-nya yang harus kita maknai dengan baik. Artinya, semua pihak mesti bersinergi dalam melestarikan kebudayaan. Terlebih, banyak kebudayaan-kebudayaan Betawi ini yang sangat ikonik, mempunyai kedekatan dengan masyarakat Jakarta. Tunjukkan kiprah kita dengan tindakan konkret dan realistis,” tegasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.