Dark/Light Mode

Google Doodle Hari Ini

Dirayakan Dunia, Angklung Pemanggil Dewi Kemakmuran

Rabu, 16 November 2022 07:11 WIB
Google Doodle 16 November pengingat Hari Angklung Sedunia. (Foto Tangkapan Layar)
Google Doodle 16 November pengingat Hari Angklung Sedunia. (Foto Tangkapan Layar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tampilan Google Doodle hari ini sebagai pengingat peringatan Hari Angklung Sedunia setiap 16 November. Menampilkan orang-orang memainkan musik dari bambu itu.

Angklung telah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) pada 2010. Alat musik yang terdiri dari dua tabung dan sebuah alas itu pun juga masih menjadi inti dalam budaya Indonesia.

Baca juga : ADB Dan Indonesia Sepakat Suntik Mati Pembangkit Listrik Batu Bara

Namun, angklung yang dikenal sebagai alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat itu ternyata tidak berasal dari daerah tersebut. Lantas, dari mana Angklung berasal?

Dari sejumlah informasi yang dihimpun https://RM.id, diketahui, angklung tak hanya berada di Indonesia saja. Namun ada di sejumlah negara lainnya yaitu Tiongkok, Thailand, Vietnam, India dan Hawai. Masing-masing negara pun memiliki bentuk angklung yang berbeda-beda satu sama lain.

Baca juga : Di Momen Hari Pahlawan, SJFC Serahkan Donasi ke Korban Tragedi Kanjuruhan

Meski demikian, Indonesia khususnya Jawa Barat mendapatkan hak paten dari UNESCO atas filosofi angklung. Tepatnya, UNESCO mematenkan filosofi dari musik angklung yang terdiri atas 5M yaitu mudah didapat bahannya, murah harganya, mendidik, meriah dan massal.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.