Dark/Light Mode

IHWG FKUI Serukan Pentingnya Pilih Air Minum Berkualitas Dan Gizi Seimbang

Sabtu, 26 November 2022 09:42 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Memperingati usianya yang ke 10 tahun, Indonesian Hydration Working Group (IHWG) FKUI meluncurkan inisiatif Hydranation, yang di-kick off di Bali melalui pelaksanaan pengabdian masyarakat.

Tujuannya,  untuo menegaskan pentingnya menjaga kebutuhan air minum berkualitas serta nutrisi seimbang untuk Indonesia yang lebih sehat.

Pada kesempatan tersebut, Ketua IHWG FKUI, Dr. dr. Diana Sunardi, MGizi, SpGK, menegaskan, air merupakan zat gizi dengan kontribusi terbesar dalam tubuh.

Untuk itu penting bagi kita untuk memastikan kecukupan konsumsi air minum dalam setiap kesempatan setiap harinya untuk menghindari dehidrasi dan mencegah tubuh berjalan kurang optimal.

Baca juga : Kesuksesan G20, Momentum Memperkuat Narasi Kebangsaan

Publikasi ilmiah European Journal of Nutrition tahun 2018 menyebutkan bahwa sekitar 1 dari 5 anak di Indonesia masih belum cukup minum.

Padahal, sebanyak dua per tiga tubuh kita terdiri dari air yang fungsinya tidak bisa digantikan oleh zat gizi lain.

"Karena tubuh tidak bisa memproduksi air, kebutuhan air harus terpenuhi melalui konsumsi cairan dengan jumlah yang cukup agar tubuh dapat berfungsi secara optimal. Dalam menjalankan aktivitas apapun dalam keseharian, tubuh kita memerlukan asupan cairan dengan jumlah yang cukup," bebernya.

Sejalan dengan hal tersebut, Hydration Science Consultant Danone-AQUA, dr. Tria Rosemiarti menjelaskan, tidak hanya dari sisi kuantitasnya, dalam memenuhi kebutuhan air minum kita juga perlu memperhatikan kualitas air yang kita konsumsi. Air minum yang berkualitas harus berasal dari sumber yang terpilih, terlindungi dan terjaga kemurniannya.

Baca juga : Rieke Gaungkan Pentingnya Basis Data Akurat Dan Presisi

"Untuk itu, diperlukan berbagai upaya untuk menjaga keberlanjutan ekosistem di sekitar sumber air termasuk memberdayakan komunitas di sekitarnya agar kualitasnya selalu terjaga," ungkap dr Tria.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Departemen Ilmu Gizi FKUI, Dr. Nurul Ratna, M. Gizi, SpGK mengatakan, yang tidak kalah penting, kita juga harus mengetahui bagaimana asupan nutrisi harian yang baik.

Tidak hanya untuk kita, tetapi juga untuk anak-anak sejak usia dini. Anak-anak memerlukan nutrisi seimbang untuk membantu pertumbuhan fisik maupun kognitifnya.

Gizi seimbang artinya susunan makanan sehari-hari mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan memperhatikan prinsip variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan dan berat badan.

Baca juga : Airlangga Tegaskan Pentingnya Solidaritas Dan Sinergi Global

"Isi piring kita setiap harinya harus berisi lauk-pauk sebagai sumber protein, karbohidrat dari makanan pokok sebagai sumber energi, serta serat sesuai kaidah Isi Piringku," tuturnya.

"Jangan lupa untuk membatasi konsumsi gula serta garam serta cukupi kebutuhan air minum. Konsumsi susu juga baik untuk memenuhi kebutuhan zat gizi," tambah dr Nurul.

Sejalan dengan hal tersebut, Health Nutrition Senior Manager Danone Indonesia, Rizki Yusrini Pohan mengatakan, isu kesehatan merupakan isu krusial yang menjadi perhatian Danone Indonesia.

"Sejalan dengan visi kami One Planet One Health, kami percaya bahwa kesehatan manusia dan lingkungan merupakan hal yang saling terkait," tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.