Dark/Light Mode

Bulan Puisi Esai, Denny JA Ajak Masyarakat Menulis

Jumat, 2 Desember 2022 16:22 WIB
Salah satu karya puisi esai Denny JA yang telah dibukukan berjudul Atas Nama Cinta. (Foto: Ist)
Salah satu karya puisi esai Denny JA yang telah dibukukan berjudul Atas Nama Cinta. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Lebih lanjut Denny JA menjelaskan panduan membuat puisi esai, yakni:

1. Pilih satu peristiwa dalam negeri yang menggambarkan ketidakadilan, atau pelanggaran hak asasi, atau peristiwa yang mengganggu rasa kemanusiaan kita.

Baca juga : Komunitas Lintas Generasi Ajak Masyarakat Santun Menggunakan Medsos

2. Upayakan peristiwa itu sudah menjadi berita di sumber berita yang kredibel agar dipastikan itu bukan berita yang keliru (hoax).

3. Jadikan peristiwa di berita itu sebagai catatan kaki. Puisi esai dibuat berdasarkan catatan kaki ini. Catatan kaki dihadirkan dalam puisi.  Minimal satu puisi esai terdiri dari satu catatan kaki.

Baca juga : Presiden Ajak Masyarakat Vaksin Booster Covid-19

4. Catatan kaki dapat ditambah, jika ada fakta lain yang penting yang perlu dirujuk dalam puisi esai itu.

5. Ciptakanlah drama di atas peristiwa true story itu. Drama yang menyentuh: ada tokoh di sana, ada konflik, ada plot cerita. Drama itu sepenuhnya fiksi untuk membuat kisah semakin menyentuh.

Baca juga : Dana Otsus Semakin Dirasakan Masyarakat Papua

6. Gunakan bahasa komunikatif yang bisa dipahami bahkan oleh anak SMP sekalipun. Tapi gunakan juga kekayaan bahasa puisi seperti metafor, hiperbola, dan lain- lain.

7. Panjang dan pendek puisi tak  ditentukan. Yang penting, drama yang diceritakan dalam puisi esai itu sudah cukup menyentuh. Makin pendek, makin baik.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.