Dark/Light Mode

Webinar Alika Communicatiom: Perlunya Komunikasi Publik Selaras Dengan Perkembangan Zaman

Sabtu, 28 Januari 2023 13:14 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-3 Alika Communication menghadirkan webinar bertajuk “Komunikasi Publik Ala Pemerintah.”. Acara ini diselenggarakan secara online melalui aplikasi Zoom pada Jumat (27/1) dan dihadiri lebih dari 40 peserta.

Webinar ini diisi pemateri yang berkompeten di bidangnya, yaitu Bey Triadi Machmudin selaku Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Kementerian Sekretariat Negara dan Alia Karenina selaku Juru Bicara (Jubir) Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) dan CEO Alika Communication.

Bey Triadi menjelaskan, dalam menjalankan komunikasi publik terdapat tantangan yang dihadapi pemerintah, seperti bahasa pemerintah yang terkesan kaku dan formal sehingga membuat masyarakat sulit memahami pesan yang disampaikan hingga tingginya masyarakat yang tidak percaya dengan informasi yang disampaikan pemerintah. Sehingga, lanjut Bey, pentingnya bagi pemerintah untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

Baca juga : Menteri Siti: Portal I-LEAD ICEL Penting Buat Perkembangan Hukum Lingkungan

“Saat ini dengan perkembangan teknologi, pemerintah perlu menyampaikan pesan secara kekinian dengan tujuan untuk mengkomunikasikan capaian dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Hal tersebut bertujuan untuk mendekatkan diri kepada publik serta terjalinnya komunikasi dua arah.” ujar Bey dalam diskusi, Jumat (27/1).

Lebih lanjut, Alia menambahkan, di dalam instansi pemerintah ada tugas utama public relations (PR) yang dijalankan.

Baca juga : Kebal Resesi, Ganjar Bawa Jateng Kokohkan Ketahanan Pangan Dengan Lumbung Dan BUMP

“PR di dalam instansi pemerintah memiliki dua tugas utama, yaitu membangun dan menjaga reputasi instansi, serta menyampaikan informasi terkait kebijakan pemerintah agar dapat diterima dengan baik oleh publik," ujarnya.

Alia juga menilai pemerintah perlu menyesuaikan gaya komunikasi melalui media sosial, seperti YouTube, TikTok, Instagram, dan lainnya.

Di akhir acara, webinar ini menghasilkan tiga hal, yaitu: Pertama, memberikan gambaran sudut pandang dari praktisi PR dalam pemerintahan dalam pengelolaan informasi untuk menanggapi isu yang beredar di publik.

Baca juga : Kondisi Global Dianggap Genting

Kedua, dari sisi pemerintah perlunya untuk menyesuaikan gaya komunikasi kepada masyarakat untuk meminimalisir informasi yang salah.

Terakhir, masyarakat diharapkan dapat lebih cerdas dalam menanggapi isu yang beredar, memperbanyak sumber bacaan khususnya dari media yang telah terverifikasi oleh Dewan Pers, dan dapat memilah informasi yang benar. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.