Dark/Light Mode

Usung Nama Layar Indonesiana

Kompetisi Produksi Film Pendek 2023 Hadir Kembali

Jumat, 3 Maret 2023 10:26 WIB
Kick off Kompetisi Produksi Film Pendek 2023 Layar Indonesiana, di Jakarta, Kamis (2/3). (Foto: Istimewa)
Kick off Kompetisi Produksi Film Pendek 2023 Layar Indonesiana, di Jakarta, Kamis (2/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Industri perfilman merupakan subsektor industri kreatif yang terus tumbuh dan semakin kuat bersama dengan antusias penikmat maupun pelaku perfilman Indonesia. Ini juga ditandai dengan lahirnya karya-karya film dari sineas-sineas muda Indonesia yang berprestasi di berbagai festival film utama dunia.

Hal ini mendorong dan menginpirasi banyak komunitas film dan sineas muda dari berbagai daerah di Indonesia untuk berkarya dan berusaha menembus berbagai festival film baik nasional maupun internasional.

Antusiasme komunitas film dan sineas di tanah air ini disambut baik oleh Direktorat Perfilman, Musik dan Media, Kemendikbud Ristek melalui diselenggarakannya program Kompetisi Produksi Film Pendek yang sudah dimulai sejak tahun 2021 yang lalu.

Setiap tahunnya kompetisi ini diikuti oleh lebih dari 300 proposal film, dan hanya 10 proposal film terbaik yang berhak mendapatkan fasilitas dana produksi, mentoring dari film maker nasional, maupun internasional.   

Tahun 2023 ini merupakan kali ke-3 penyelenggaraan Kompetisi Produksi Film Pendek yang tahun ini hadir dengan nama Layar Indonesiana. Semakin menarik dengan rangkaian program yang melibatkan mentor dan narasumber sineas dari dalam dan luar negeri. Antara lain Short Course dari New York Film Academy, Park Sung Ho, Programmer dari Busan International Film Festival.

Baca juga : Hadirkan 100 Ribu Produk, Kanmo Bazaar 2023 Kembali Digelar

Ini merupakan wujud penguatan program Layar Indonesiana, yaitu mendorong distribusi film pendek ke berbagai festival film nasional maupun internasional.

Hasil produksi film Layar Indonesiana ini nantinya juga akan diputar perdana dalam ajang  Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) 2023 yang akan datang.

Rangkaian program lainnya antara lain Media Gathering & Screening yang akan menjadi kick off kompetisi tahun ini, sekaligus menandai rangkaian acara Hari Film Nasional yang jatuh di bulan Maret, kemudian dilanjutkan dengan Roadshow Perfilman di 3 kota, yaitu Palu, Samarinda.

Rangkaian akan diakhiri di Jambi, Webinar NGOBRAS membahas topik menarik seputar produksi film pendek yang akan dilaksanakan secara online melalui platform Zoom agar dapat menjangkau sineas dan komunitas film dari seluruh Indonesia.

Ahmad Mahendra, Direktur Direktorat Perfilman Musik dan Media, Kemendikbudristek menyatakan,Program Layar Indonesiana ini  merupakan wadah persemaian bakat-bakat baru perfilman yang menopang regenerasi sineas nasional.

Baca juga : Hunian Astra Land Indonesia di Tangerang Didukung Stasiun MRT dan 3 Akses Tol

"Juga merupakan wujud dukungan nyata dari pemerintah untuk melahirkan karya film yang semakin diakui dunia," kata Mahendra saat kick off Kompetisi Produksi Film Pendek 2023 Layar Indonesiana, di Jakarta, Kamis (2/3).  

Proses seleksi kompetisi ini melibatkan kurator dari sineas profesional antara lain; Ifa Isfansyah (Sutradara), Rahabi Mandra (Penulis Naskah), Rina Damayanti (Produser/Pegiat Festival Film), dan Yulia Evina Bara (Produser)  Pendaftaran bagi peserta Layar Indonesiana akan mulai dibuka sejak 6 Maret 2023 hingga 1 Mei 2023 yang dapat diakses melalui  https://ringkas.kemdikbud.go.id/LayarIndonesiana2023.

Ada pun proses penyaringan proposal nantinya akan dikurasi menjadi 25 proposal terpilih, untuk dilanjutkan mengikuti Short Course bersama New York Film Academy.

Hasil dari short course dan tahap pitching ini akan tersaring menjadi 10 proposal yang akan diberikan fasilitasi dan diberikan pendampingan. Sebelum masuk pada proses produksi, mereka akan mengikuti Workshop Perfilman bagi 10 proposal film terpilih  yang tentu saja akan didampingi oleh mentor terbaik.

Ifa Isfansyah, salah satu Kurator Layar Indonesiana menjelaskan, tidak dak hanya terpusat pada ibukota, kesempatan yang sama besarnya terbuka bagi seluruh sineas dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga : Bank Mandiri Raih Award Indonesia’s Best FX Bank 2023

"Kami berharap, Layar Indonesiana ini dapat menjadi jalan pembuka bagi sineas  berbakat untuk muncul ke permukaan dan menjadi awal dari lahirnya karya hebat ke depan," harapnya.

Persiapan Layar Indonesiana sudah pasti menjadi penantian banyak pihak, terutama komunitas film dan para sineas di tanah air. Kita nantikan karya-karya menakjubkan peserta Layar Indonesiana untuk industri perfilman yang lebih baik.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengikuti kanal media sosial Layar Indonesiana melalui Instagram @budayasaya, @pusbangfilm dan @kompetisikreatif_id. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.