Dark/Light Mode

Gali Ilmu Bersama TikTok, Kemenkominfo Kupas Tuntas Pemasaran Bisnis

Rabu, 8 Maret 2023 20:54 WIB
Kemenkominfo dan TikTok Indpnesia menggelar ilmu pemasaran bisnis. (Foto: Dok. Kemenkominfo)
Kemenkominfo dan TikTok Indpnesia menggelar ilmu pemasaran bisnis. (Foto: Dok. Kemenkominfo)

 Sebelumnya 
Kegiatan Gali Ilmu dibuka dengan sesi talk show yang diisi oleh Global E-Commerce Business Operation & Acquisition TikTok, Aldo Shurman dan Kreator Konten sekaligus seorang entrepreneur, Tommy Teja.

Aldo menjelaskan bahwa TikTok menduduki peringkat satu sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia dan di Indonesia, sekaligus menduduki peringkat ke-2 setelah Amerika Serikat.

Hal ini membuat TikTok melihat Asia Tenggara, khususnya Indonesia memiliki potensi pasar yang sangat besar.

Baca juga : Tokopedia Bersama Kementerian Investasi Bantu UMKM Perempuan Miliki NIB

Aldo menambahkan bahwa TikTok kini bukan hanya sebagai platform hiburan saja, tetapi sudah menjadi shoppertainment atau media untuk hiburan sekaligus berjualan online.

“Dulu user hanya menggunakan TikTok untuk hiburan saja, kini user sudah bisa berjualan dan berbelanja, sehingga kini TikTok sudah menjadi shoppertainment dan membantu pelaku usaha khususnya UMKM memiliki jangkauan yang lebih luas, ” tambah Aldo dalam keterangan resminya, Rabu (8/3).

Aldo menekankan bahwa kemampuan membuat konten yang baik sangat dibutuhkan untuk mendapatkan perhatian pengguna TikTok yang menjadi target pasar.

Baca juga : Medsos, Solusi Pemasaran Bisnis Masa Kini

“Tipsnya ketika kita bikin konten, maksimalkan di tiga detik pertama. Di situ user memutuskan untuk tetap lanjut lihat konten kita atau engga,” pungkas Aldo.

Kreator Konten sekaligus Pengusaha, Tommy Teja menjelaskan mengenai perbedaan antara TikTok dan marketplace lain sebagai media berjualan online.

“Ketika kita ingin berjualan di TikTok, pastinya lewat video konten yang berbeda dengan marketplace lain Sedangkan kalau di TikTok itu kebalik, orang-orang ngeliat konten dulu baru mereka belanja,” jelas Tommy.

Baca juga : Kominfo Kasih Tips Pemanfaatan Teknologi Digital

Tommy menambahkan, mengenai tips dalam bagaimana membuat konten menarik di TikTok sebagai media berjualan online.

“Yang paling penting kita harus punya skill content creation untuk membuat konten yang menarik dan orang-orang menonton video kita sampai beres dan tertarik untuk ngeklik keranjang produk yang kita jual,” pungkas Tommy.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.