Dark/Light Mode

Doa Hari Ke 4 Puasa Ramadan, Memohon Manisnya Zikir Dan Kekuatan Untuk Bersyukur

Minggu, 26 Maret 2023 13:34 WIB
Ilustrasi berdoa. (Foto: Freepik.com/jcomp)
Ilustrasi berdoa. (Foto: Freepik.com/jcomp)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bulan Ramadan merupakan bulan suci bagi umat Islam di seluruh dunia. Selain dikenal sebagai bulan yang penuh berkah, bulan Ramadan juga merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa dan beribadah.

Mustajabnya doa di bulan Ramadhan dibenarkan oleh Syaikh Rabi' Abdurrauf Az-Zawawi dalam bukunya Al-Baqiyatus Shalihat. Ia mengatakan bahwa salah satu keutamaan bulan Ramadan adalah terdapat doa yang mustajab di dalamnya. 

Rasulullah SAW juga menyebutkan sejumlah kemuliaan di bulan Ramadan. Salah satunya, pintu surga dibuka.

"Telah datang Bulan Ramadan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu, saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan." (HR. Ahmad)

Baca juga : Menteri Hadi Gebuk Mafia Tanah Di Kalimantan Tengah

Karena itu, alangkah baiknya kita harus memanfaatkan bulan suci Ramadan ini dengan sebaik-baiknya dengan ibadah dan doa sesuai tuntunan Rasulullah.

Tak terasa, bulan Ramadan sudah memasuki hari ke empat atau fase 10 hari pertama. Dikutip dari laman Kementerian Agama, ada doa puasa hari keempat yang berisikan permohonan agar diberi kenikmatan ibadah, serta senantiasa diri kita dan keluarga dijaga oleh Allah SWT. 

Ini doanya:

‎اَللَّهُمَّ قَوِّنِيْ فِيْهِ عَلَى إِقَامَةِ أَمْرِكَ وَ أَذِقْنِيْ فِيْهِ حَلاَوَةَ ذِكْرِكَ وَ أَوْزِعْنِيْ فِيْهِ لأدَاءِ شُكْرِكَ بِكَرَمِكَ وَ احْفَظْنِيْ فِيْهِ بِحِفْظِكَ وَ سِتْرِكَ يَا أَبْصَرَ النَّاظِرِيْنَ
Allaahumma qawwinii fiihi ‘alaa iqoomati amrika wa adziqnii fiihi halaawata dzikrika wa awzi’nii fiihi li adaa-i syukrika bikaraamika wahfazhnii fiihi bihifzhika wa sitrika yaa absharan-naazhiriin.

Baca juga : Harga Migor, Daging, Cabe & Beras Melejit

Artinya: Ya Allah! Mohon berikanlah kekuatan kepadaku, untuk menegakkan perintah-perintah-Mu, dan berilah aku manisnya berzikir mengingat-Mu. Mohon berilah aku kekuatan untuk bersyukur kepada-Mu, dengan kemuliaan-Mu. Dan jagalah aku dengan penjagaan-Mu dan perlindungan-Mu, Wahai Zat Yang Maha Melihat.

Dianjurkan, doa puasa Ramadhan hari ke 4 ini dibaca setelah sholat subuh, dzuhur, ashar dan maghrib setelah berbuka puasa. 

Faedahnya selain agar diberi kekuatan untuk ibadah juga agar dianugerahkan perasaan senang dalam berdzikir dan selalu bersyukur kepada Allah SWT.

Demikianlah doa hari ke 4 puasa Ramadan, semoga bermanfaat.

Baca juga : Terbukti Secara Sains, Puasa Ramadan Dorong Keseimbangan Tubuh

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News . Mari bergabung juga di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.