Dark/Light Mode

Perempuan Berperan Aktif Wujudkan Kesehatan Seksual Dan Reproduksi

Rabu, 5 April 2023 11:30 WIB
Diskusi peran aktif perempuan dalam wujudkan kesehatan seksual. (Foto: Ist)
Diskusi peran aktif perempuan dalam wujudkan kesehatan seksual. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sudah lebih dari setengah abad perempuan memperjuangkan kesetaraan dan mendorong pemenuhan hak-haknya, baik hak pribadi maupun profesional. Namun perempuan masih mengalami tantangan pada aspek kesehatan seksual dan reproduksi.

Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh Durex Indonesia pada tahun 2022 menunjukkan bahwa 1 dari 3 perempuan yang aktif secara seksual di Indonesia memalsukan orgasmenya. Perempuan juga masih kerap mendapatkan stigma negatif dan dihakimi ketika membahas kesejahteraan seksual, termasuk diskusi kepuasan.

Mengapa hal ini penting? Psikolog klinis Inez Kristanti menjelaskan, Indonesia memiliki budaya di mana diskusi tentang seksualitas ditentang dan diabaikan. Hal ini terutama dirasakan oleh perempuan, karena ada stigma dan stereotip tertentu tentang seksualitas perempuan yang akhirnya membuat perempuan menghindari topik ini sepenuhnya. 

Baca juga : Lestari: Tingkatkan Kualitas Kesehatan Nasional, Aktifkan Kembali Posyandu

“Karena itu, orang enggan untuk membicarakan apa yang mereka inginkan, bahkan dalam relasi paling intim mereka,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/4).

Lalu bagaimana mengatasi ini? Inez percaya, speak up adalah kuncinya. Biasakan untuk berdiskusi dengan saling menghargai. “Beri tahu pasangan kita apa yang cocok untuk kita, dan pelajari apa yang cocok bagi pasangan kita juga,” katanya.

Untuk memicu percakapan tentang pentingnya berbicara dan menutup kesenjangan kepuasan, Durex telah bekerja sama dengan duo musisi Soundwave untuk merilis lagu berjudul Come Closer pada Februari 2023. 

Baca juga : Diberhentikan, Brigjen Endar Laporkan Ketua Dan Sekjen KPK Ke Dewas

Marketing Director Reckitt Indonesia, Rahul Bibhuti mengatakan, sebagai merek kesehatan seksual dari Reckitt, Durex menjadikan advokasi tentang pengalaman seksual yang lebih baik dan setara untuk semua sebagai bagian dari DNA perseroan. 

Dia percaya bahwa setiap orang, apapun gendernya, berhak atas seks yang aman dan menyenangkan. Pada Hari Perempuan Internasional ini, pihaknya menegaskan kembali dukungan perseroan bagi perempuan untuk mencapai kesetaraan kepuasan dengan memastikan bahwa akses ke informasi dan produk yang mempromosikan kesehatan yang baik adalah hak, bukan privilege. 

“Lagu Come Closer yang kami rilis bersama Soundwave hanyalah salah satu dari sekian banyak cara kami memberdayakan perempuan melalui kampanye #ComeTogether, dan kami masih memiliki banyak program lain yang akan kami bagikan segera," ujarnya.

Baca juga : Heru Pede Kemacetan Di Jakarta Bakal Susut

Selama bertahun-tahun, kata dia, Durex bermitra dengan organisasi seperti BKKBN, puskesmas, LSM, dan komunitas untuk menjadi teman perempuan, hidup dengan semangat #EmbraceEquity yang sama, dan bersama-sama mendorong perubahan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.