Dark/Light Mode

Kiat Sehat Bebas Diabetes Ala Dubes Denmark

Minggu, 1 September 2019 13:18 WIB
Duta Besar Denmark Rasmus Abildgaard Kristensen (pakai kacamata hitam). (Foto IST)
Duta Besar Denmark Rasmus Abildgaard Kristensen (pakai kacamata hitam). (Foto IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain negaranya yang asri dan bersih, warga Denmark masuk lima besar warga yang paling bahagia sedunia. Ini semua berkat kiat sederhana yang menjadi kebiasaan.

Ditemui di Balaikota DKI Jakarta, Selasa siang (27/8), Duta Besar Denmark untuk Indonesia Rasmus Abildgaard Kristensen dengan senang hati berbagi kiat sehat dan bahagia ala negaranya, yang dikenal dengan negeri Lego.

“Kami dari kecil diajarkan untuk mencintai kesehatan diri,” ujarnya menyaksikan penan- datanganan perjanjian kerja sama Action Plan program Cities Changing Diabetes antara pemprov DKI Jakarta dengan perusahaan kesehatan global Novo Nordisk.

Baca juga : Neymar Belum Jelas, Messi Malah Cedera

Menurutnya, setiap institusi pendidikan di sana setidaknya memiliki dua sampai tiga kali kegiatan olahraga dalam sepekan. Tidak hanya itu, kebiasaan bersepeda dan berjalan kaki yang mendarah daging juga merupa- kan hal lain yang membuat warga Denmark sehat dan kualitas udara di sana sangat sehat.

“Hampir semua orang bersepeda. Pesepeda jauh lebih dihormati dari pemakai ken- daraan bermotor,” tutur Rasmus Abildgaard Kristensen. 

“Karena kami sadar bersepeda itu baik untuk kesehatan. Bersepeda juga membuat udara jadi bebas polusi,” lanjutnya bangga.

Baca juga : Diteken Agustus, RI Bebas Ponsel Black Market

Jika tidak bersepeda, lanjut Dubes Kristensen, warga Denmark lebih memilih transportasi umum sebagai alternatif berpergian. Kebiasaan ini bisa ditiru warga Jakarta.

Bersepeda dan berjalan kaki ini juga membuat warga Denmark jauh dari penyakit diabetes. Dia yakin warga Jakarta, dan warga Indonesia secara umum bisa membiasakan hidup sehat sederhana ala Skandinavia, yaitu bersepeda dan jalan kaki.

“Mudah dan murah. Sehat itu mudah kalau kita tanamkan itu pada diri kita,” tandasnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.