Dark/Light Mode

Tingkatkan Gaya Hidup Sehat Anak, Sun Life Bikin Program Sekolah Bersinar

Rabu, 10 Mei 2023 13:19 WIB
Program Sekolah Bersinar di SDN Cipinang Muara 18, Jakarta, Rabu (10/5)
Program Sekolah Bersinar di SDN Cipinang Muara 18, Jakarta, Rabu (10/5)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka HUT Ke-28, Sun Life Indonesia menggandeng Wahana Visi Indonesia mengadakan Program Sekolah Bersinar untuk meningkatkan kesehatan anak-anak di lingkungan sekolah. 

Program Sekolah Bersinar dilakukan untuk pertama kalinya di SDN Cipinang Muara 18, Jakarta, kemarin. Sejumlah kegiatan dilakukan mulai dari penyerahan donasi untuk merevitalisasi sarana penunjang kesehatan sekolah, edukasi mengenai kesehatan, gizi, dan gaya hidup aktif bagi para murid. Program ini didukung oleh Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan melibatkan puluhan karyawan Sun Life Indonesia yang bergerak sebagai relawan. 

Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Indonesia mengatakan, Program Sekolah Bersinar dicetuskan melihat kondisi pembelajaran tatap muka yang telah diaktifkan kembali di Indonesia. Sun Life Indonesia mendorong kepada seluruh pihak untuk tetap memperhatikan kondisi kesehatan anak mengingat gaya hidup berisiko yang mengancam generasi muda masih terus meningkat. 

Fakta ini didukung oleh temuan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tahun 2018 lalu mengenai kondisi kesehatan pada anak di usia sekolah dan remaja yang menunjukkan sebanyak 50 persen anak dan remaja Indonesia memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan manis. Lalu 32 persen dari mereka juga lebih banyak mengonsumsi makanan asin, 11 persen mengonsumsi makanan instan, dan 78 persen mengonsumsi makanan berpenyedap.

Baca juga : Menteri Hadi Tjahjanto Pastikan Program PTSL Berjalan Dengan Lancar

Tidak hanya itu, kata dia, studi dari The 2022 Indonesian Report Card on Physical Activity for Children and Adolescents juga mengungkapkan fakta bahwa kurang dari 20 persen anak dan remaja Indonesia bergerak aktif secara fisik. Oleh karena itu, upaya promosi kesehatan di lingkungan sekolah perlu mendapat perhatian lebih untuk mencegah kondisi ini semakin memburuk.

“Selama 28 tahun hadir di tengah-tengah keluarga Indonesia, selama itu pula kami terus menjalankan komitmen #MakeLifeBrighter untuk membantu jutaan keluarga Indonesia menjalani hidup yang lebih sehat, baik secara fisik, mental, dan finansial,” katanya.

Shierly mengatakan, Program Sekolah Bersinar merupakan salah satu wujud nyata dari komitmen keberlanjutan perseroan yang berfokus pada penyediaan prasarana penunjang gaya hidup aktif dan sehat di lingkungan sekolah. Tidak hanya itu, pihaknya berharap melalui program ini, Sun Life dapat turut berkontribusi bagi kampanye Sekolah Sehat dari Kemendikbudristek dan mewujudkan generasi Indonesia yang lebih sehat dan berprestasi.

“Ini merupakan langkah kecil kami dalam mewujudkan komitmen keberlanjutan kami yang lebih besar, yaitu membantu lebih banyak orang di seluruh dunia mencapai kemapanan finansial dan hidup lebih sehat,” bebernya.

Baca juga : Jaga Jantung Dengan Gaya Hidup Sehat Dan Aktif

Pihaknya terus berupaya agar program ini dapat memberikan dampak positif lebih luas secara bertahap. Tidak ketinggalan, pihaknya juga berterima kasih kepada seluruh Nasabah Sun Life di Indonesia yang telah mempercayakan Sun Life sebagai mitra perlindungan tepercaya selama 28 tahun.

“Anggaran untuk Program Sekolah Bersinar mencapai Rp 4,6 miliar untuk tiga tahun,” tukasnya.

General Manager Zonal Sumatera, Nusa Tenggara Barat, Jawa (Sambawa) Wahana Visi Indonesia, Johny Noya menambahkan, pihaknya yang berfokus pada anak sebagai kelompok rentan yang bermitra dengan Sun Life, akan membantu mendorong partisipasi anak melalui pelaksanaan dokter kecil dan memaksimalkan fungsi UKS untuk kegiatan edukasi gizi dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan cara yang menyenangkan. 

Menurutnya, Wahana Visi Indonesia juga akan membantu edukasi imunisasi dasar untuk anak usia sekolah, serta implementasi program aktivitas fisik Build Our Kids’ Success (BOKS) yang telah diperkenalkan pertama kali di Indonesia tahun 2021 lalu oleh Sun Life dan WVI. 

Baca juga : 33 Twibbon Ucapan Hari Raya Idul Fitri Agar Foto Lebaran Kamu Dan Keluarga Lebih Menarik

“SDN Cipinang Muara 18 merupakan salah satu sekolah yang telah dijangkau oleh program BOKS sebelumnya, sehingga diharapkan kedepannya Program Sekolah Bersinar ini dapat memperkuat implementasi program BOKS yang berkelanjutan untuk lebih dari 500 murid dan guru di sekolah tersebut,” bebernya.

Sementara, Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Timur, Muhammad Fahmi mengatakan, Kemendikbudristek telah mencanangkan kampanye Sekolah Sehat berupa Revitalisasi Unit Kesehatan Sekolah (UKS) melalui Trias UKS, yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat. 

Untuk itu, pihaknya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kemitraan serta dukungan Sun Life Indonesia dan Wahana Visi Indonesia atas pelaksanaan Program Sekolah Bersinar di SDN Cipinang Muara 18. Dia berharap inisiatif ini dapat memberi perubahan positif bagi kesehatan warga sekolah dalam jangka panjang dan meningkatkan semangat belajar para murid, sehingga dapat turut mendukung kampanye Sekolah Sehat yang selalu menjadi perhatian kami. 

“Ke depannya, saya percaya melalui kolaborasi dari seluruh pihak, mulai dari sekolah, peserta didik, orang tua, serta mitra pendukung, bersama-sama kita dapat mewujudkan anak Indonesia yang sehat, kuat, dan cerdas berkarakter,” ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.