Dark/Light Mode

Gaya Hidup Mewah Viral Di Medsos, KPK Akan Cek LHKPN Sekda Riau

Selasa, 28 Maret 2023 09:54 WIB
Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri. (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)
Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri. (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengecek Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Sekretaris Daerah (Sekda) Riau, SF Hariyanto.

Hal itu dilakukan setelah video gaya hidup mewah istri dan anak SF Hariyanto viral di media sosial (medsos).

"Kami nanti akan cek dulu tentunya terkait ini di Direktorat LHKPN," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (27/3).

Dia menyatakan, jika nantinya dalam laporan harta kekayaan ditemukan kejanggalan, maka KPK akan menindaklanjuti dengan mengklarifikasi harta kekayaan SF Hariyanto.

Baca juga : Buka Puasa Sederhana Tiru Presiden Jokowi

"Klarifikasi itu kan pasti dilakukan setelah kami melakukan pemeriksaan dulu, pemeriksaan itu apa, tim LHKPN ke lapangan, mengecek harta kekayaan secara faktual, kami memiliki data faktualnya baru kemudian kami undang untuk klarifikasi," tutur Juru Bicara berlatar belakang jaksa ini.

Menurut Ali, pihaknya melakukan klarifikasi karena sudah memiliki data faktual sebelumnya.

"Jadi orang-orang yang sudah diklarifikasi itu karena kami sudah memiliki data sebelumnya dari faktual yang ada di lapangan. Nah soal itu nanti kami akan komunikasikan, kami tanyakan dulu kami cek apakah ada proses-proses itu," tandas Ali.

Foto-foto yang memperlihatkan gaya hidup mewah Istri SF Hariyanto diviralkan akun Twitter @PartaiSocmed. Akun tersebut mengunggah beberapa foto gaya hidup hedon istri SF Hariyanto yang memamerkan tas mewah.

Baca juga : Datang Ke Gedung KPK Jinjing Tas Branded...

Selain itu, @PartaiSocmed juga mempertanyakan pesta ulang tahun anak SF Hariyanto yang begitu mewah.

"Selamat pagi Pak SF Hariyanto, Sekda Riau, apakah video pesta di Ritz Carlton ini adalah pesta puteri Bapak? Jika iya apakah hotelnya Ritz Carlton KW dan pestanya cuma pesta imajinasi?," cuit @PartaiSocmed, Selasa (21/3).

SF Hariyanto mengklarifikasi, barang-barang mewah yang kerap dipamerkan istrinya. Menurutnya tas-tas yang sering dipakai istrinya adalah barang KW atau palsu.

"Sudah saya kroscek, misalnya tas salah satu brand yang disebutkan seharga ratusan juta, itu sangat tidak benar. Karena itu barang KW dan dibeli dengan harga berkisar antara Rp 2 juta-Rp 5 juta di Mangga Dua Jakarta. Itu tokonya masih ada, silahkan di-kroscek," sebut Hariyanto kepada wartawan di Pekanbaru, Senin (20/3).

Baca juga : Kawasan Dekat Istana Super Padat Dan Kumuh

Dia berkilah, foto yang beredar merupakan koleksi foto-foto lama pada 2017-2019. Saat itu, dia belum menjabat Sekda Provinsi Riau dan masih bertugas di Kementerian Pekerjaan Umum. 

Selain itu, SF Hariyanto juga membantah ultah anaknya digelar secara mewah.

"Foto anak saya ulang tahun. Yang namanya orang tua, karena anak pertama, berumur 17 ingin lah dirayakan. Bukan besar-besaran, tapi di toko kok tapi namanya Ritz Carlton bersama dengan teman-temannya satu sekolah. Tidak juga besar-besar, hanya di toko kok, tidak bebas kayak di pesta," elaknya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.