Dark/Light Mode

YSTI Gelar Pentas Seni Budaya Minangkabau, 90 Persen Tiket Sold Out

Kamis, 15 Juni 2023 10:02 WIB
Perantau asal Minangkabau. (Foto: Ist)
Perantau asal Minangkabau. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Yayasan Sumbar Talenta Indonesia (YSTI), bersama sejumlah perantau asal Minangkabau, khususnya anak-anak muda bertalenta Minangkabau yang profesional di rantau akan mementaskan “Mahakarya Randai II-2023-The Story of Malin Kundang”. Acara digelar di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada 17 Juni 2023.

Karya kolaborasi dua sutradara Jose Rizal Manua dan Joharsen ini merupakan karya seni yang bisa digunakan sebagai alat mengingat suatu peristiwa yang terjadi pada masa lalu sebagai pembelajaran di masa kini. 

Baca juga : Penguatan Budaya RUU Kekhususan, Jakarta Diprediksi Tetap Jadi Magnet

"Tema pertunjukan kali ini adalah ‘π˜—π˜¦π˜―π˜΅π˜’π˜΄ π˜šπ˜¦π˜―π˜ͺ π˜₯𝘒𝘯 π˜‰π˜Άπ˜₯𝘒𝘺𝘒 π˜”π˜ͺ𝘯𝘒𝘯𝘨𝘬𝘒𝘣𝘒𝘢,’ sebagai upaya ‘π‘€π‘Žπ‘™π‘Žπ‘π‘’β„Ž π˜³π˜ͺ𝘯π˜₯𝘢’ akan kesenian tradisional Minangkabau," ujar Jose Rizal Manua bersama Joharsen yang sukses menampilkan mahakarya Randai pertama yang menceritakan kisah perjuangan Syekh Burhanuddin Pariaman tahun 2020 di pusat perfileman Usmar Ismail. 

Mahakarya Randai II-2023-The Story of Malin Kundang” menampilkan Randai yang khas karena merupakan kolaborasi pertunjukan dari berbagai unsur seni, antara lain; Silat Minangkabau, Tabuah Tasa dan musik tradisi saluang , dendang, tari dan teater( drama).

Baca juga : BSI Targetkan Pembiayaan Griya Tumbuh 6,42 Persen Hingga Semester I-2023

"Di situlah keunikan Randai Malin Kundang, karena berisi paket lengkap seni tradisi. Karena itu undangan kita 90 persen sudah sold out, alhamdulillah,” ujar Ketua YSTI, Andha Zulfirman didampingi pimpinan proyek pertunjukan Agus S. 

Kisah Malin Kundang sering diadaptasi di berbagai pementasan drama, baik di dalam maupun di luar negeri. Meskipun begitu, cerita Malin Kundang selalu menarik disajikan sebagai pembelajaran bagi generasi selanjutnya. Apalagi kali ini dikemas dalam bentuk Randai. 

Baca juga : Para Menteri Sosial Budaya Sepakat Bawa 4 Dokumen Ke KTT ASEAN

Dari daftar tiket yang sudah terjual akan hadir Seniman, budayawan, pejabat, birokrat, pengusaha dan pencinta seni-budaya Minangkabau. Tak hanya itu sejumlah tokoh dari Belanda dan Malaysia sudah membeli tiket untuk menonton pertunjukan Randai tersebut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.