Dark/Light Mode

Morinaga Allergy Week 2023, Alergi Bukan Halangan Anak Wujudkan Potensi

Selasa, 18 Juli 2023 15:24 WIB
World Allergy Week, Morinaga menggelar sesi diskusi khusus bertema Alergi Bukan Halangan Bagi Anak Wujudkan Potensi. (Foto: Istimewa)
World Allergy Week, Morinaga menggelar sesi diskusi khusus bertema Alergi Bukan Halangan Bagi Anak Wujudkan Potensi. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Lebih lanjut Dewi menjelaskan, alergi susu sapi dan makanan lainnya jika tidak diperhatikan memang dapat menyebabkan berbagai dampak pada tumbuh kembang dan kesehatan anak.

Menurutnya, anak yang alergi susu sapi bisa tumbuh sehat, aktif, berprestasi, dan semangat jadi juara. Salah satu alternatif susu sapi adalah susu soya.

Tumbuh kembang anak yang memiliki alergi dapat terhambat karena berisiko mengalami defisiensi makro dan mikronutrien lantaran penyebab alergi dari pola makannya harus dieliminasi.

Baca juga : Ganjar Tegaskan Dukung Anak Muda Kembangkan Potensi Di Era Digital

Dalam survei internasional yang dilakukan di Inggris dan Amerika Serikat, ditemukan bahwa anak yang memiliki alergi makanan, termasuk susu sapi memiliki risiko gangguan pertumbuhan seperti memiliki nutrisi rendah, underweight, dan tinggi yang lebih rendah untuk usianya.

World Allergy Organization (WAO) mengumumkan bahwa orang yang memiliki alergi ternyata rentan dan dapat memburuk akibat dampak dari perubahan iklim.

Artinya, pemenuhan keperluan nutrisi anak menjadi semakin penting. Lebih lanjut, WAO merekomendasikan penggunaan suplementasi probiotik untuk mencegah kondisi alergi pada anak.

Baca juga : Long Weekend Idul Adha, Pelanggan KA Jarak Jauh Naik 68 Persen

Salah satu jenis probiotik yang bisa digunakan untuk anak alergi adalah Probiotik Bifidobacterium yang memiliki kandungan yang sama dengan air susu ibu (ASI), serta teruji klinis dapat meningkatkan sistem imun pada anak.

Adapun susu soya merupakan alternatif nutrisi bagi anak alergi susu sapi atau memiliki intoleransi laktosa, karena memiliki kesetaraan kandungan nutrisi dengan susu sapi, tetapi aman karena tidak mengandung protein susu sapi dan laktosa yang menyebabkan reaksi alergi.

Susu soya yang difortifikasi telah mengalami proses penambahan nutrisi seperti kalsium, vitamin, dan kandungan mineral lainnya sehingga memiliki lebih banyak kandungan gizi yang dibutuhkan anak.

Baca juga : Pertama Kali Digelar, Eureka Fest 2023 Jadi Ajang Remaja Gali Potensi

“Tujuan kami adalah mengedukasi masyarakat luas mengenai pentingnya pemahaman mengenai alergi Si Kecil dan pemenuhan nutrisinya dengan susu pertumbuhan soya sebaik susu sapi," pungkas Dewi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.