Dark/Light Mode

Karnaval Merdeka Belajar 2023, Bentuk Sinergi Budaya-Pendidikan Majukan Peradaban

Rabu, 31 Mei 2023 09:28 WIB
Karnaval Merdeka Belajar 2023 digelar di  sepanjang ruas jalan titik 0 kilometer Yogyakarta pada Minggu (28/5) malam (Foto: Ist)
Karnaval Merdeka Belajar 2023 digelar di sepanjang ruas jalan titik 0 kilometer Yogyakarta pada Minggu (28/5) malam (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Karnaval Merdeka Belajar 2023 digelar di sepanjang ruas jalan titik 0 kilometer Yogyakarta pada Minggu (28/5) malam, yang diisi dengan segala pentas seni budaya.

Seperti tarian dan video mapping, yang dipadukan dengan penataan cahaya, serta perangkat teknologi oleh ratusan pelaku seni, budayawan, pegiat pendidikan, maupun pelajar.

Koreografer lokal yang menjadi bagian dari karnaval, Anter Asmorotedjo mengemukakan, program Merdeka Belajar yang didengungkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjadi semangat dan motivasi baru dalam dunia pendidikan nasional.

Anter optimis, Karnaval Merdeka Belajar 2023 dapat memberikan banyak inspirasi kepada masyarakat tentang makna Merdeka Belajar tersebut.

Baca juga : Data Penduduk Aman Kan?

“Apalagi kebetulan acaranya di Yogyakarta sebagai kota pusat pendidikan, pasti banyak orang yang melihat dan akan termotivasi dari melihat pertunjukan seni budaya ditampilkan,” ujar Anter.

Konsep koreografi yang dipentaskan Anter menggambarkan era perjalanan masa pendidikan sejak masa kuno hingga saat ini, khususnya di Indonesia, dengan mengaitkan program Merdeka Belajar.

“Acara ini diharapkan dapat berkesan dan menginspirasi kepada banyak orang. Dapat mengenal lebih jauh tentang budaya dan belajar di Indonesia,” harap Anter.

Sementara itu, Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek Ahmad Mahendra menuturkan, penyelenggaraan Karnaval Merdeka Belajar 2023 akan mengedukasi publik bahwa seni budaya ikut mendorong kemajuan pendidikan Tanah Air.

Baca juga : BI: Sinergi Kunci Utama Pengembangan UMKM

Dari budaya, pendidikan terus dapat berkelanjutan sebab menyemangati masyarakat tidak berhenti berkreasi pada setiap zamannya.

"Kita punya kekayaan budaya yang sangat luar biasa, terdapat beragam makna yang relevan dengan keadaan sekarang dan masa depan dalam memicu praktik baik di masyarakat," ucap Mahendra.

Mahendra juga menjelaskan, karnaval ini merupakan kolaborasi dari ratusan pelaku seni dan budaya, pelaku pendidikan dan pelajar maupun, hingga pelaku di belakang layar seperti penata acara dan tim multimedia.

Karnaval ini juga mempertontonkan bagaimana keberagaman dapat sejalan menjadi semangat kolaborasi.

Baca juga : Nadiem Pamer Jurus Rapor Pendidikan 2.0

"Kita sangat mengapresiasi komunitas dan pelaku budaya dan seni yang mempunyai visi, misi, dan tak berhenti berjuang memajukan kekayaan daerahnya. Mereka memproduksi dan mendistribusikan literasi media melalui kegiatan kreatif, mengorganisir kolaborasi antara profesional dan warga, lalu membangun kesadaran kebudayaan tingkat lokal," tutup Mahendra.

Sebagai informasi, pelaksanaan Karnaval Merdeka Belajar 2023 yang dimulai dari titik 0 kilometer Yogyakarta menunjukkan simbol wajah silang budaya Nusantara sekaligus lokasi pertama kota pendidikan di Indonesia.

Karnaval Merdeka Belajar 2023 yang menjadi bagian dari puncak perayaan Hari Pendidikan Nasional 2023 ditujukan menjadi ajang kebersamaan di ruang publik guna mengembangkan kemandirian anak bangsa dengan cara memamerkan segala kreativitas.

Melalui Karnaval Merdeka Belajar 2023 diharapkan tumbuh talenta muda potensial sekaligus metode edukasi kepada masyarakat melalui pentas seni budaya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.