Dark/Light Mode

Cara Atasi Link APK Atau File PDF Berbahaya Yang Telanjur Diklik

Jumat, 4 Agustus 2023 15:23 WIB
Ilustrasi cata mengantisipasi dan file APK atau PDF yang telanjur diklik. Foto: Unsplash/Przemyslaw Marczynski)
Ilustrasi cata mengantisipasi dan file APK atau PDF yang telanjur diklik. Foto: Unsplash/Przemyslaw Marczynski)

RM.id  Rakyat Merdeka - Saat menggunakan ponsel atau perangkat yang terhubung dengan internet, terkadang kita terjebak dengan file APK atau PDF jahat dan berbahaya yang tidak sengaja diklik.

Parahnya, link APK atau PDF yang diklik tersebut ternyata disusupi malware dan bisa mencuri data hingga menguras rekening calon korban.

Jangan panik, jika Anda terlanjur mengklik link berbahaya tersebut, Telkomsel membagikan beberapa langkah untuk menghentikan akibat buruknya:

Baca juga : Anies Berusaha Tenang

Pertama, pastikan selalu memutuskan koneksi data seluler atau Wi-Fi saat tidak digunakan. Ini dapat membantu menghindari potensi unduhan otomatis file jahat.

Kedua, jika terlanjur mengklik file APK jahat dan menyadari bahwa itu adalah penipuan, segera aktifkan mode pesawat terbang (flight mode) dan uninstall file APK tersebut.

Kemudian, periksa ponsel untuk mencari aplikasi-aplikasi mencurigakan lainnya. Buka pengaturan ponsel, pilih menu aplikasi, dan periksa apakah ada aplikasi yang menyerupai aplikasi palsu seperti cek resi, undian poin, atau undangan pernikahan. Uninstall aplikasi-aplikasi ini agar ponselmu lebih aman.

Baca juga : PKS Hadang Kaesang Maju Di Pilkada Depok

Selanjutnya, pastikan untuk menghapus akses yang diberikan pada browser ponselmu. Buka pengaturan browser dan cek menu site settings. Jika ada link yang mencurigakan dengan keterangan "allowed", segera klik remove atau block untuk menghentikan aksesnya.

Terakhir, jika kamu memiliki aplikasi mobile banking atau internet banking, lakukan perubahan PIN dan password melalui komputer atau laptop yang aman, bukan melalui ponsel yang sudah terinfeksi. Jika perlu, datang ke kantor cabang bank terdekat untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, ponselmu seharusnya menjadi lebih aman dan terlindungi dari ancaman file APK atau PDF jahat.

Baca juga : Gegara Kasus Perkosaan, Mendy Dikucilkan

Selalu berhati-hati dan waspada saat mengakses file atau tautan yang tidak dikenal untuk menjaga keamanan perangkatmu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.