Dark/Light Mode

Sabet Cum Laude, Nana Halim Raih Gelar Doktor Manajemen Pendidikan

Senin, 4 September 2023 17:28 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Puncak gelar akademik diraih Kepala Bagian Tata Usaha pada Kantor Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bisnis dan Pariwisata (BBPPMPV) Direktorat Jenderal (Ditjen) Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nana Halim.

Nana Halim resmi menyandang gelar doktor Manajemen Pendidikan di Universitas Pakuan (Unpak) Bogor, Senin (4/9).

Nana meraih gelar doktor setelah berhasil mempertahankan disertasi berjudul Peningkatan Citra Organisasi dan Loyalitas Pelanggan Melalui Penguatan Kepuasan Pelanggan, Kualitas Layanan dan Program Pelatihan (Studi Empirik pada Peserta Diklat di BBPPVP Bisnis dan Pariwisata Kemendikbudristek Menggunakan Metode Survei dengan Teknik Analisis Jalur dan Analisis SITOREM) saat Sidang Promosi Doktor di Kampus Universitas Pakuan, Bogor.

Sidang Promosi Doktor dipimpin Rektor Universitas Pakuan Prof. Dr. Pol. Ir. H. Didik Notosudjono, M.Sc bersama Sekretaris Sidang yang juga Dekan Sekolah Pascasarjan Universitas Pakuan Prof. Dr. H Soewarto Hardhienata.

Adapun anggota penguji adalah Prof. Dr. Dwi Suhartanto (Guru Besar Politeknik Negeri Bandung), Prof. Dr. H Thamrin Abdullah, MM, M.Pd (Dosen Sekolah Pascasarjana Universitas), Prof. Dr, Hj. Sri Setyaningsih, M.Si (Ketua Program Studi Manajemen Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan), dan Dr. Widodo Sunaryo, S.Psi, MBA (Dosen Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan

Selanjutnya, Komisi Promotor adalah Prof. Dr. H Thamrin Abdullah (Guru Besar Universitas Pakuan) dan Dr. Widodo Sunaryo (Dosen Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan.

Setelah Sidang Terbuka, Ketua Sidang sekaligus Rektor Universitas Pakuan Prof. Dr. Pol. Ir. H. Didik Notosudjono, M.Sc menyampaikan hasil sidang dan mengucapkan selamat kepada Nana yang telah resmi menyandang gelar doktor.

Baca juga : Bamsoet Pastikan Indonesia Siap Gelar MotoGP 2023 di Mandalika

"Kami menyatakan Nana Halim telah lulus dengan hasil sangat memuaskan dengan nilai IPK 3,76,” kata Profesor Didik.

Nana Halim tercatat sebagai doktor ke-230 dalam Program Manajemen Pendidikan Universitas Pakuan Bogor.

Nana Halim lantas menjelaskan latar belakang penelitian disertasinya. Dia menjelaskan, BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata merupakan instansi pemerintah.

Salah satu misinya, kata dia, adalah meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan di bidang bisnis dan pariwisata dengan pengetahuan dan keterampilan kejuruan dan entrepreneurship.

“Untuk mewujudkan misi itu dapat diwujudkan melalui kegiatan kediklatan di BBPPVP Bisnis dan Pariwisata dengan memberikan layanan yang terbaik bagi peserta diklat,” ungkap Nana.

Tak ketinggalan, dalam disertasinya Nana membeberkan 12 hipotetis penelitian. Pertama, pengaruh positif langsung layanan terhadap citra organisasi.

Kedua, pengaruh positif langsung kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan. Ketiga, pengaruh positif langsung kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan.

Baca juga : Sambut HUT ke-78 RI, Srikandi PDDI Gelar Donor Darah di Masjid Istiqlal

Keempat, pengaruh positif langsung program pelatihan terhadap citra organisasi.

Kelima, pengaruh positif langsung program pelatihan terhadap loyalitas pelanggan.

Keenam, pengaruh positif langsung program pelatihan terhadap kepuasan pelanggan.

Ketujuh, pengaruh positif langsung kepuasan pelanggan terhadap citra organisasi.

Kedelapan, pengaruh positif langsung kepuasan pelanggan terhadp loyalitas pelanggan.

Kesembilan, pengaruh positif tidak langsung kualitas layanan terhadap citra organisasi melalui kepuasan pelanggan.

Kesepuluh, pengaruh positif tidak langsung kulitas layanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan.

Baca juga : Gardu Ganjar Bersama Warga Gelar Gema Dzikir Di Tangerang

Kesebelas, pengaruh positif tidak langsung program pelatihan terhadap citra organisasi melalui kepuasan pelanggan.

Keduabelas, pengaruh positif tidak langsung program pelatihan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan.

Di akhir pemaparannya, Nana mengklaim penelitiannya telah berhasil menemukan cara dan strategi untuk meningkatkan citra organisasi dan loyalitas pelanggan melalui identifikasi terhadap kekuatan hubungan antar variabel-variabel penelitian.

"Penelitian ini juga telah menghasilkan temuan-temuan tentang indikator variabel penelitian yang perlu diperbaiki dan dipertahankan," tutur Nana.

Kesimpulannya, kata Nana, terdapat pengaruh positif secara langsung antara layanan terhadap citra organisasi sehingga penguatan kualitas layanan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.