Dark/Light Mode

13 Oktober Hari Apa Dan Apakah Libur? Berikut Daftar Hari Unik Dan Penting

Jumat, 13 Oktober 2023 20:31 WIB
Ilustrasi kalender bulan Oktober. (Foto: Freepik)
Ilustrasi kalender bulan Oktober. (Foto: Freepik)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam kalender nasional maupun internasional, ada sejumlah perayaan dan hari penting pada tanggal 13 Oktober. Bahkan di salah satu negara, tanggal ini merah dan merupakan hari libur nasional.

Namun, jika merujuk dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2023, tanggal 13 Oktober bukan tanggal merah atau hari libur nasional di Indonesia.

Berikut ini sejumlah hari penting yang diperingati tanggal 13 Oktober:

1. Hari Libur Nasional Thailand: 

Hari ini, Jumat, 13 Oktober 2023 adalah Hari Libur Nasional Thailand. Negeri Gajah itu merayakan Memorial Day of HM. King Bhumibol Adulyadej The Great.

2. No Bra Day atau Hari Tanpa Bra:

Baca juga : Cek 12 Oktober 2023 Hari Apa Dan Apakah Besok Ada Tanggal Merah Atau Libur?

Dikutip dari buku Parsley, Sage, Rosemary, and Thyme for Comfort, Strength, Love, and Courage (2022) oleh Doug Opalski, No Bra Day atau Hari Tanpa Bra ini merupakan sebuah inisiatif yang dicetuskan oleh seorang dokter ahli bedah bernama Mitchell Brown sejak 2011. Peringatan tersebut bertepatan dengan bulan peduli kanker payudara. 

3. Hari Peduli Herpes: 

Hari Peduli Herpes diperingati untuk meningkatkan kesadaran mengenai penyebab, risiko, dan pengobatan berbagai jenis infeksi herpes, khususnya herpes genital. 

Sehingga publik terdorong untuk mencari pengobatan untuk gejalanya, dan mempromosikan wacana yang sehat dan masuk akal tentang dampak virus tersebut terhadap kehidupan masyarakat. 

4. Ulang Tahun Angkatan Udara (Navy Birthday): 

Hari ini merupakan momen penting bagi Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), yang diperingati sebagai hari jadinya setiap tahunnya. Menurut Time and Date, Angkatan Laut AS telah berdiri lebih dari 240 tahun yang lalu sebagai Angkatan Laut Kontinental. 

5. Hari Internasional Pengurangan Bencana Alam

Baca juga : Le Minerale Sediakan Air Berkualitas di Pelatnas Cipayung

Peringatan International Day For Natural Disaster Reduction atau Hari Internasional untuk Pengurangan Risiko Bencana ini dimulai pada tahun 1989.

Hari tersebut diperingati berdasarkan usulan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menetapkan satu hari untuk menumbuhkan budaya kesadaran risiko dan pengurangan bencana secara global. Sehingga kesadaran tentang perlunya mitigasi risiko meningkat.

6. Hari Telur Sedunia

Hari Telur Sedunia pertama kali pada tahun 1996 di Vienna, lalu ditetapkan setiap hari Jumat kedua bulan Oktober. 

Hari telur ini bertujuan untuk mengingatkan pentingnya telur sebagai sumber makanan bergizi.

7. Hari Trombosis Sedunia 

Baca juga : Jubir Menko Marves Jodi Mahardi Bantah Luhut Dilarikan Ke Singapura

Hari Trombosis Sedunia bertepatan dengan hari ulang tahun Rudolf Virchow, pelopor patofisiologi trombosis. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2014 oleh International Society on Thrombosis and Haemostasis (ISTH) sebagai respon terhadap permintaan anggotanya untuk memiliki hari khusus yang mengedukasi dunia tentang trombosis. 

Kampanye Hari Trombosis Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dunia mengenai trombosis, termasuk penyebabnya, faktor risiko, gejala, serta cara pencegahan dan pengobatannya yang didasarkan pada bukti ilmiah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.