Dark/Light Mode

Film Tegar Bikin Siswa Di Chicago Terharu, Penasaran Dengan Karakter Asli Tegar

Jumat, 17 November 2023 16:54 WIB
Para siswa di Chicago, Amerika Serikat yang antusias bertanya soal film Tegar, saat diputar Kamis (16/11) lalu. Mereka penasaran dengan karakter asli pemain utama film tersebut.
Para siswa di Chicago, Amerika Serikat yang antusias bertanya soal film Tegar, saat diputar Kamis (16/11) lalu. Mereka penasaran dengan karakter asli pemain utama film tersebut.

RM.id  Rakyat Merdeka - Film "Tegar" sukses memukau ratusan anak usia sekolah di Chicago, AS, dalam rangkaian Chicago International Children Film Festival (CICFF) ke-40 di Chicago History Museum pada Kamis (16/11).

Dalam film yang disutradarai Anggi Frisca, Tegar mengajak penonton menyaksikan perjalanannya menjadi pribadi mandiri. Tegar menunjukkan bahwa anak disabilitas memiliki hak untuk bermain, mendapatkan pendidikan, dan setara dengan anak-anak lainnya. Bukan dikurung di rumah.

Penonton yang memenuhi gedung tampak antusias dan memberikan apresiasi yang tinggi pada film ini. Hal itu terlihat dari ekspresi mereka pada beberapa adegan tertentu. 

Para penonton terlihat ikut terbawa suasana sedih, haru, dan gembira. Termasuk ketika sesi tanya jawab dimana terdapat banyak sekali anak yang mengangkat tangan dan bertanya. 

Mereka antusias untuk mengetahui karakter asli Tegar di kehidupan sehari-hari, hubungan Tegar dengan teman-teman dan keluarganya, serta tantangan dalam proses produksi film.

Untuk diketahui, Tegar merupakan film drama Indonesia tahun 2022 yang menggaungkan semangat inklusivitas. Film ini disutradarai Anggi Frisca dengan naskah yang ditulis oleh Anggi bersama Alim Sudio. 

Baca juga : Prabowo Akan Perketat Pengawasan Tenaga Kerja Asing di Indonesia

Tegar dibintangi aktor cilik penyandang disabilitas berusia 12 tahun, M. Aldifi Tegarajasa, beserta Deddy Mizwar dan Sha Ine Febriyanti. Proses produksi film Tegar sendiri memakan waktu kurang lebih 2 tahun, dimana 1,5 tahun pertama diisi dengan pre-production dan latihan akting, 20 hari syuting, dan 6 (enam) bulan post-production.

Sejak awal, ide Film Tegar ini berangkat dari keresahan sutradara Anggi yang merasa bahwa kaum disabilitas memiliki gerak ruang yang terbatas. Menurut Anggi selama ini kaum disabilitas hanya dikasihani, bukan diberikan ruang, kesempatan, dan support. 

Sutradara dan Produser film Tegar ini berharap dengan ditontonnya film Tegar oleh khalayak AS dapat menjadi momentum dikenalnya film anak Indonesia, khususnya yang terkait dengan disabilitas. 

Hal ini untuk semakin menekankan pentingnya menghargai ketidaksempurnaan dengan mendukung mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Konsul Jenderal RI Chicago, Listyowati, dan Staf KJRI Chicago turut hadir untuk memberikan dukungan dan apresiasi pada pemutaran film tersebut. Konjen RI Chicago menyampaikan impresinya setelah ikut bersama menonton Film Tegar. 

“Film ini mengajarkan nilai-nilai penting seperti perjuangan, persahabatan, keberanian, dan empati,” ujar Konjen RI Chicago saat diwawancara oleh Sutradara Anggi Frisca.

Baca juga : Adaptasi Era Digital, Perpusnas Latih Konten Kreator dengan Literasi Fotografi

Konjen juga menjelaskan bagaimana film-film Indonesia dapat dikembangkan menjadi alat diplomasi budaya. Salah satunya melalui festival film internasional seperti ini.

"Ini akan menjadi platform untuk mempromosikan budaya, kesenian, dan nilai-nilai luhur, yang dapat memperkuat hubungan antar negara, khususnya antara Indonesia dan AS," tuturnya

Melalui pemutaran film ini, sebutnya. masyarakat AS jadi lebih mengenal Indonesia sebagai negara, keindahan alamnya, keanekaragaman budayanya dan nilai-nilai sosial masyarakat yang ada di dalamnya. 

"Setelah itu berkembang menjadi kerjasama budaya, pariwisata, dan ekonomi yang dapat semakin memajukan hubungan kedua negara," imbuhnya.

Ini bukan kali pertama Film Tegar sukses memukau para penonton. Sebelumnya, Film Tegar telah beberapa kali meraih penghargaan bergengsi, baik penghargaan dari dalam negeri maupun penghargaan internasional, diantaranya sebagai Best Young Actor in A Feature Film Cannes World Film Festival 2022, serta sebagai Best Actor Balimakarya Film Festival 2022. 

Film Tegar juga berhasil mengantungi beberapa penghargaan sekaligus pada International Film Festival for Children and Youth 2023 di Iran, antara lain Winner of the Golden Butterfly Best Film International Jury, Winner of CIFEJ Prize, Winner of the Golden Butterfly Best Film Young Member Jury, dan M. Aldifi Tegarajasa sebagai the Honorary Mention for the Best Actor.

Baca juga : Tiket.com Berikan Solusi Rencanakan Liburan dengan Aman dan Nyaman

Selain itu, Film Tegar juga sudah beberapa kali terseleksi untuk berpartisipasi pada rangkaian festival film internasional lainnya, diantaranya yang dilaksanakan di Jepang dan Iran, serta yang akan diselenggarakan di Austria pada bulan Desember 2023.

Pada kesempatan lain, Manajer Festival CICFF, Jake Laystrom, mengungkapkan kekagumannya terhadap Film Tegar.

“Film ini mengingatkan akan pentingnya inklusi dan kesetaraan dalam masyarakat. Anak-anak dengan kebutuhan khusus/disabilitas juga memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan, kesempatan, dan perlakuan yang sama dan adil,” imbuh Jake.

Uniknya, selain melibatkan M. Aldifi Tegarajasa sebagai pemeran utama, film ini juga didukung oleh 10 persen kru penyandang disabilitas yang mengambil peran dalam proses produksi. Terdapat juga beberapa pemain penyandang disabilitas yang muncul di film ini. 

Seperti Prihartono Mirsaputra atau Anton dan Asep. Tak sampai di situ, film Tegar juga dibantu oleh anak-anak berkebutuhan khusus yang tergabung dalam Inclusive Kids Choir, yang mengisi lagu original soundtrack film Tegar.

Melihat antusiasme dan apresiasi penonton yang sangat besar, Sutradara dan Produser film Tegar berencana untuk membuat sekuel film Tegar kedepannya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.