Dark/Light Mode

Monash University Indonesia Buka Program Magister Untuk Penerima Beasiswa LPDP

Senin, 12 Februari 2024 10:44 WIB
Reza Darmawan kanan, penerima beasiswa LPDP yang memutuskan menempuh studi Magister Ilmu Data di Monash University, Indonesia, sedang membagikan tips mendaftar beasiswa LPDP.
Reza Darmawan kanan, penerima beasiswa LPDP yang memutuskan menempuh studi Magister Ilmu Data di Monash University, Indonesia, sedang membagikan tips mendaftar beasiswa LPDP.

RM.id  Rakyat Merdeka - Penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tak perlu pusing mencari tempat kuliah yang berkualitas di dalam negeri. Kini, Monash University Indonesia telah terdaftar resmi sebagai tujuan program beasiswa LPDP dalam negeri. Perguruan tinggi dengan peringkat 50 besar di dunia itu, menawarkan enam program magister khusus untuk penerima beasiswa LPDP. 

Keenam program itu adalah Magister Kebijakan dan Manajemen Publik, Magister Inovasi Bisnis, Magister Ilmu Data, Magister Keamanan Siber, Magister Desain Perkotaan, dan Magister Kesehatan Masyarakat.

Enam program ini disesuaikan dengan dinamika di Indonesia. Mendorong mahasiswa untuk menciptakan perubahan, sambil terus mengembangkan perjalanan profesional mereka.

Baca juga : TUK Caregiver Indonesia Raih Predikat TUK Mandiri Terverifikasi LSP

Dengan jumlah penerima beasiswa LPDP yang mendekati 10 ribu orang pada 2023, di mana 60 persen di antaranya memilih universitas dalam negeri, terlihat bahwa kebutuhan akan pendidikan tinggi lanjutan semakin meningkat di tengah populasi mayoritas usia produktif di Indonesia. 

Prof. Andrew MacIntyre, Pro Vice-Chancellor and President of Monash University, Indonesia, mengatakan, sebagai institusi luar negeri yang yang diakui pemerintah untuk tujuan program beasiswa LPDP dalam negeri, Monash University, Indonesia menawarkan enam program magister yang relevan dan siap masa depan.

“Seluruh program magister tersebut kami hadirkan berbekal pengalaman 60 tahun dalam keunggulan riset dan pengajaran yang terdepan dan berskala global. Kami menciptakan metode pembelajaran transformatif yang berbeda, bertujuan meningkatkan keterampilan generasi pembuat perubahan selanjutnya agar siap bersaing di dunia profesional, diperkuat oleh jejaring global dan relevansinya dengan konteks lokal Indonesia," kata MacIntyre. 

Baca juga : Sekolah Jurnalisme Indonesia Lahirkan Jurnalis Berkelas Dan Berintegritas

Salah seorang penerima beasiswa LPDP, Reza Darmawan, yang berprofesi sebagai Auditor di salah satu lembaga Kementerian, bercerita tentang perjalanannya mendaftar di Magister Ilmu Data di Monash University, Indonesia.

Setelah menempuh pendidikan sarjana di jurusan Akuntansi, Reza diberi tanggung jawab untuk mengawasi audit melalui analisis data. Siapa sangka, pekerjaan tersebut kemudian memotivasi Reza untuk menekuni Ilmu Data. 

Saya sangat senang diterima di Monash University, Indonesia, karena institusi pendidikan tinggi ini sangat terbuka menerima mahasiswa dari berbagai latar belakang.

Baca juga : Tolak Provokasi, Forum Rektor Indonesia Serukan Pemilu Damai, Ini Deklarasinya

Meskipun basis akademis saya di Ilmu Akuntansi, hal ini tidak menjadi halangan saya dalam beradaptasi karena kurikulum di Magister Ilmu Data cukup ramah bagi pemula.

“Saya juga menikmati akses luas terhadap penelitian dan jejaring akademis global yang unggul, yang membantu saya meningkatkan keterampilan yang relevan dengan jenjang karier. Manfaat ini saya dapatkan sembari tetap berada di Indonesia, dekat dengan keluarga dan rumah saya,” jelas Reza. 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.