Dark/Light Mode

Kampus IPMI Punya Kesamaan Dengan Paskibraka, Apa Saja?

Selasa, 5 Maret 2024 13:01 WIB
Rektor Sekolah Tinggi Manajemen IPMI, Prof. Aman Wirakartakusumah. (Foto: Ist)
Rektor Sekolah Tinggi Manajemen IPMI, Prof. Aman Wirakartakusumah. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rektor Sekolah Tinggi Manajemen IPMI, Prof. Aman Wirakartakusumah menilai, ada persamaan mendasar antara lembaga perguruan tinggi dengan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Keduanya telah menjadi sarana pendidikan bagi calon pemimpin bangsa yang berkarakter, memiliki jiwa kepemimpinan, dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.

"Kami sebagai lembaga pendidikan tinggi menyelenggarakan pendidikan yg berfokus kepada penyiapan sumber daya manusia berjiwa pemimpin, sehingga mereka bisa menjadi individu yang berkualitas ketika berbaur dengan masyarakat kedepannya," kata Prof Aman dalam Sosialisasi Paskibraka BPIP di IPMI International Business School, Jakarta, dalam keterangan pers yang diterima Selasa (5/3/2024).

Baca juga : Angkasa Pura II Kembangkan Pariwisata Banyuwangi

Ditambahkan dia, IPMI memiliki misi mencetak pemimpin-pemimpin masa depan yang tidak hanya kompeten secara profesional, tetapi juga memiliki integritas moral dan kesadaran sosial yang tinggi. Pembinaan ideologi Pancasila menjadi penting karena akan membentuk generasi penerus yang berkarakter dalam lingkungan bisnis.

"Kami akan selalu mendukung nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan tinggi dan lingkungan bisnis karena para pelajar ini diuji dalam hal disiplin, keberanian, kepatuhan, dan semangat pengabdian kepada negara, yang semuanya merupakan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila," jelasnya.

Baca juga : BPJamsostek Pemprov DKI Jakarta Serahkan Penghargaan Paritrana Award 2023

Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Rima Agristina menambahkan, Paskibraka tidak hanya berlatih untuk baris berbaris menjelang peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Mereka juga diberikan pembinaan mengenai pembentukan karakter, kepemimpinan, dan kesadaran nasional.

"Banyak sekali yang menganggap Paskibraka hanyalah petugas pengerek bendera. Padahal, Paskibraka  juga salah satu saluran untuk menyiapkan generasi muda sebagai pemimpin pemimpin masa depan. Mereka dilatih banyak tentang kepribadian, kedisiplinan, spiritual, dan yang paling penting adalah jiwa kepemimpinan," ujarnya.

Baca juga : Wapres Minta Alkhairaat Teguhkan Nilai Kebangsaan Di Masyarakat

Pelaksanaan membawa sang saka Merah Putih, lanjutnya, merupakan tugas awal dari Paskibraka. Tugas sesungguhnya adalah menjadi idola generasi penerus bangsa yang berideologi Pancasila, dan mampu menggerakkan masyarakat untuk tetap berpikir positif, berlaku disiplin, serta saling menghormati.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.