Dark/Light Mode

Bamsoet Dukung Touring Lintas Negara Para Klub Otomotif

Selasa, 5 Maret 2024 20:31 WIB
Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia Bambang Soesatyo (memakain batik, tengah). (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia Bambang Soesatyo (memakain batik, tengah). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung berbagai rencana touring internasional yang akan diselenggarakan berbagai klub otomotif. Yakni BMW Ultimate Journey 2024, Borneo Explore 360 oleh Pajero Sport Family Seksi (Sekitar Bekasi), dan Trans Nusantara 2024 oleh Indonesia 4x4 Overland.

Kata Bamsoet, berbagai kegiatan touring yang diselenggarakan komunitas otomotif tersebut, selain bermanfaat dalam mempromosikan berbagai destinasi wisata unggulan yang ada di Indonesia, juga untuk memperkuat soliditas kebangsaan antar sesama anggota. Di setiap negara yang dilalui, mereka juga akan disambut KBRI maupun Konsulat Jenderal, sehingga bisa turut memperkuat soliditas kebangsaan antar sesama anak bangsa.

Baca juga : Ketua DPRD Klungkung Apresiasi Masyarakat Ciptakan Pemilu Damai

"Komunitas otomotif sangat mudah melakukan touring lintas negara, karena IMI memiliki fasilitas FIA CPD yang bekerja sama dengan Bea dan Cukai. Sangat bermanfaat bagi para komunitas otomotif yang ingin menggunakan kendaraannya sendiri dari tanah air untuk touring melintasi berbagai negara lain," ujar Bamsoet, usai menerima perwakilan touring BMW Ultimate Journey 2024, Borneo Explore 360, dan Trans Nusantara 2024, di Jakarta, Selasa (5/3/). Turut hadir Wakil Ketua Umum Mobilitas IMI Pusat Rifat Sungkar dan Deputi Mobilitas IMI Pusat Adi Wibowo.

Perwakilan BMW Ultimate Journey 2024 yang hadir antara lain Team Leader Posma Panggabean, Public Relation Wijanarko Adhi Pratama, Route Leader Bruse Novan dan Wijaya Kusuma, serta member Ade Kurnia. Perwakilan Trans Nusantara 2024 antara lain Expedition Leader Harry Sanusi, Convoy Leader Reza Hariputra, dan Media Publisher Abree. Perwakilan Pajero Sport Family (PSF) Chapter Seksi (Sekitar Bekasi) antara lain Penasehat Aryo Cahyono dan Benny Erwin, serta Ketua Chapter Hartanto.

Baca juga : Bamsoet Dukung Pembangunan Gedung Baru Universitas Perwira Purbalingga

Ketua MPR ini menjelaskan, BMW Ultimate Journey 2024 akan start dari Jakarta pada Agustus 2024. Mereka akan menggunakan empat kendaraan BMW seri X, terdiri dari tiga model BMW X5 E53 dan satu BMW F48 X1. Diikuti sekitar 11 peserta, terdiri 9 pengemudi dan 2 mekanik.

"Ekspedisi ini direncanakan menempuh jarak 28.000 kilometer selama 130 hari, dengan melintasi 28 negara. Start dari Jakarta, Indonesia, hingga tiba di Museum BMW di Munich, Jerman," jelas Bamsoet.

Baca juga : Bertemu PPNI, Bamsoet Dorong Peningkatan Kesejahteraan Para Perawat

Wakil Ketua Umum FKPPI ini menerangkan, Borneo Explore 360 akan dilaksanakan pada Juni hingga Juli 2024. Touring diikuti sekitar 38 peserta menggunakan 14 kendaraan dengan tipe Pajero Sport 4x4 dan Double Cabin 4x4. Mengeksplorasi Pulau Kalimantan, termasuk menjelajahi Malaysia dan Brunei Darussalam yang berbatasan langsung dengan Kalimantan.

"Sedangkan Trans Nusantara 2024 akan diselenggarakan pada Agustus hingga September 2024. Menggunakan sekitar 20 kendaraan. Start dari Kuching, Malaysia, kemudian menjelajahi daerah Kalimantan Barat, kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan IKN Nusantara, Sulawesi, Flores, Sumbawa, Lombok, Bali, Jawa, Jakarta, dan finish kembali di Kuching, Malaysia," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.