Dark/Light Mode

Ketua DPRD Klungkung Apresiasi Masyarakat Ciptakan Pemilu Damai

Selasa, 20 Februari 2024 14:28 WIB
Ketua DPRD Klungkung, Anak Agung Gde Anom (Foto: Istimewa)
Ketua DPRD Klungkung, Anak Agung Gde Anom (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPRD Klungkung, Bali, Anak Agung Gde Anom, menyampaikan apresiasi kepada segenap lapisan masyarakat yang telah berpartisipasi memberikan hak suara pada Pemilu 2024. Pemerintah Kabupaten Klungkung telah mendukung kelancaran Pemilu 2024 sehingga berjalan aman, damai dan demokratis.

"Saya mewakili seluruh anggota DPRD Klungkung menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh masyarakat, mengenai kelancarannya, dan suasana demokratisnya. Meskipun berbeda pilihan, mereka tetap akur dan mengedepankan kebersamaan," tutur Gde Anom, Selasa (20/2).

Baca juga : Mendagri: Pers Dapat Antisipasi Manipulasi Suara Pemilu

Dia menyebutkan, secara umum masyarakat Kabupaten Klungkung menyambut dengan penuh antusias menggunakan hak pilih dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), pada 14 Februari lalu.

“Saya berharap suasana damai ini dapat dipertahankan sampai dengan pengumuman hasil rekapitulasi resmi dari KPU. Meskipun masyarakat memiliki perbedaan pilihan Capres-Cawapres, caleg dan partai, namun tidak membuat masyarakat Klungkung konflik dan terpecah-belah seperti yang terjadi di beberapa daerah lain,” papar Gde Anom.

Baca juga : Poros Muda Indonesia Imbau Masyarakat Jaga Kerukunan Usai Pemilu

Berdasarkan data di website KPU pada 20 Februari 2024, perolehan suara Pileg di Klungkung sementara dipimpin PDIP dengan 13.534 atau sekitar 38,81 persen, lalu Partai Gerindra sebesar 9.811 atau sekitar 28,14 persen. Secara keseluruhan, suara masuk untuk Pileg DPRD di Klungkung baru 38,67 persen.

“Sampai siang ini untuk real count Pilpres dari KPU baru tercatat sebanyak 359 TPS dari 649 TPS atau baru sekitar 55 persen. Jadi masih ada kemungkinan untuk perubahan perolehan suara," ucapnya.

Baca juga : Kejuaraan Bulutangkis Asia 2024, 2 Skuad Garuda Angkat Koper

Saat ini, di Klungkung perolehan suara sementara masih dipimpin Capres-Cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan 60 persen. Posisi kedua diduduki Capres-Cawapres 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 37 persen. Sementara Capres-Cawapres 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar hanya memperoleh 3 persen.

"Semoga pemenang Pemilu ini adalah pemimpin yang bisa menjadi pemersatu bangsa seperti presiden pertama kita Bung Karno,” ujar pria yang akrab disapa Gung Anom ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.